Tutup Saat Ramadan, Tetap Wajib Lapor Pajak

Malang, koranmemo.com – Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang mengimbau para wajib pajak (WP) di Kota Malang untuk menyampaikan laporan jika menutup usahanya selama Ramadan ini. Hal ini berkaitan dengan kewajiban terkait perpajakan daerah dan penghitungan yang tetap dilakukan berdasarkan masa pajak berjalan.

Ade Herawanto, Kepala BP2D Kota Malang mengungkapkan, jika WP tidak melaporkan usaha mereka tutup selama satu bulan penuh, maka akan tetap dihitung sebagaiamana masa pajak berjalan. Dalam hal pelaporan pajak, BP2D Kota Malang telah membuka layanan terkait pelaporan tersebut. WP bisa melapor melalui surat atau datang langsung ke kantor BP2D Kota Malang.

Selanjutnya, WP membuat pengajuan berupa pemberitahuan tutup sementara yang nantinya segera diproses oleh petugas BP2D. “Khusus untuk pengajuan pemberitahuan tutup ini, memang harus melalui surat atau datang langsung ke kantor BP2D,” ungkapnya.

Sementara itu, BP2D Kota Malang tidak mengendorkan layanan meski para petugasnya menjalankan ibadah puasa demi kenyamanan masyarakat. Apalagi, saat ini masyarakat kian dipermudah dengan beragam inovasi. “Untuk pelaporan rutin, WP sudah bisa mengakses lewat aplikasi ‘Sampade’ yang baru saja kami launching Senin (21/5) lalu,” tuturnya.

Penjadwalan ulang dikenakan terhadap usaha rental playstation, warnet hingga bioskop, yang dikenai aturan khusus jam operasional. Adapun sejumlah jenis usaha lain yang harus tutup satu bulan penuh sepanjang Ramadan, seperti spa, shiatsu, diskotek, pub, bar, karaoke, cafe dan klub malam yang merupakan bagian dari fasilitas hotel.

Dengan demikian, operasional tempat usaha menjadi berubah, yang berdampak pada ketentuan terkait kewajiban pajaknya. Karena itu, pihaknya kembali mengingatkan agar WP segera menyampaikan laporan. Ketentuan ini juga berlaku bagi pengelola usaha yang akan menutup permanen usaha mereka. “Dengan begitu, usaha mereka tak lagi tercatat sebagai WP yang harus melakukan pelaporan omzet dan pembayaran setiap bulan,” pungkasnya.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date