Tungggu Penetapan Gubernur, 2018 UMK Trenggalek Naik 8,71%

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Sesuai PP nomor 78 tahun 2015,  Disnakertrans Kabupaten Trenggalek mengajukan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Trenggalek sebesar 8,71 persen. Untuk proses pengajuan sudah diterima Gubernur Jawa Timur dan saat ini tinggal menunggu penetapan dari provinsi. Untuk rencana penetapan UMK akan dilaksanakan rapat oleh gubernur dan diputuskan pada bulan Desember.

Kenaikan UMK yang diajukan sudah melalui penghitungan yang ditetapkan pada PP, yaitu pertumbuhan ekonomi ditambah inflasi dikali UMK yang lalu ditambah survey kebutuhan hidup layak (KHL). Pada UMK tahun 2017 Rp 13,8884,50 naik menjadi Rp 15,09816 untuk tahun 2018 jika dibuat gambaran kasar dari Rp 1 juta 300 ribu menjadi Rp 1 juta 500 ribu.

Jiyanto Kasie Perselisihan Hubungan Industrial Kabupaten Trenggalek saat diwawancarai wartawan koranmemo.com mengatakan bahwa kenaikan UMK tahun 2018 sudah diajukan kepada Gubernur Jawa Timur, saat ini hanya tinggal menunggu keputusan penetapan oleh gubernur.

Semua sudah dihitung sesuai peraturan yang ada, sehingga dengan rumus tersebut bisa menetapkan besaran kenaikan UMK tahun 2018. Sesuai Undang-Undang perusahaan besar yang ada di wilayah Trenggalek harus mematuhi tentang penetapan UMK 2018, peraturan tersebut ada pada UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

“Setelah ada penetapan dari gubernur, pemerintah daerah akan memberikan foto copy edaran tentang kenaikan UMK yang ditujukan kepada seluruh perusahaan yang ada di trenggalek,” tuturnya

Bicara tentang kebutuhan hidup layak jiyanto menyampaikan Kebutuhan hidup yang standar, kebutuhan seorang pekerja atau buruh untuk dapat hidup secara fisik untuk kebutuhan makanan dan pakaian dan juga terdiri atas beberapa komponen jenis kebutuhan hidup.

“Sejauh ini mengenai UMK di trenggalek Alhamdulillah berjalan kondusif mulai daru pekerja serta dalam penentuan UMK tersebut,” pungkasnya.

Reporter : Rudi Yuniriyanto

Editor: Achmad Saichu
Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz