Trotoar Alih Fungsi, Warga Jadi Geram

Malang, koranmemo.com – Parkir liar di Kota Malang membuat geram warga pengguna trotoar. Pasalnya, sejumah titik trotoar di Kota Malang kini sudah beralih fungsi.  Bukan lagi menjadi jalur pejalan kaki, namun menjadi tempat parkir. Seperti contohnya di depan mesin ATM, apotek, dan sejumlah pertokoan yang tidak menyediakan tempat parkir bagi konsumen yang datang ke sana.

Nurcahyo, salah satu mahasiswa di Kota Malang mengatakan, dia melihat banyak parkir liar di Jalan Mertojoyo dan Jalan Sigura-gura.  Menurutnya, di sana juga ada jukir yang memang sengaja mengarahkan orang-orang untuk parkir di trotoar. “Sudah begitu, saya lihat mereka juga minta bayaran yang menurut saya keterlaluan.  Masa’ parkir sebentar buat ambil uang juga dimintai uang. Menurut saya kan harusnya tidak perlu,” ujarnya.

Mochammad Syamsul Arifin, Kepala Bidang (Kabid) Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang mengungkapkan, pihaknya sudah sering melakukan penertiban.  Tapi setelah itu para jukir liar tersebut masih saja membuka kembali lahan parkirnya. Seperti di kawasan Jalan Diponegoro yang beberapa saat lalu sempat dikeluhkan warga sekitar karena parkir menggunakan dua sisi badan jalan dan rawan menimbulkan kecelakaan. Setelah ditertibkan, tidak lama operasi parkir pun kembali dibuka sampai dengan sekarang.

“Kalau yang melakukan perbuatan itu ternyata adalah jukir yang kami gaji, kami juga sudah menindak langsung melalui tipiring. Jika masih membandel, maka izin sebagai jukir akan langsung dicabut,” tuturnya.

Namun jika jukir tersebut bukan dari pemerintah kota, maka dishub tak memiliki kewenangan kecuali memberi peringatan. Jadi menurut Syamsul, diperlukan peran serta jajaran samping untuk memberi sanksi yang lebih berat. “Seperti contoh pada pelanggar lalu lintas akan ditindak tilang oleh kepolisian,” ujarnya.

Saat ini, Dishub pun kembali melakukan operasi secara lebih rutin. Dalam satu minggu, operasi terhadap lahan parkir akan dilakukan sebanyak tiga kali. Program tersebut ditarget mampu mengembalikan fungsi trotoar seperti sedia kala.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.