Transmigran asal Lumajang di Kaltara Lebih Sejahtera

Lumajang, koranmemo.com – Transmigran asal Kabupaten Lumajang yang berada di Kalimantan Utara (Kaltara) hidupnya sejahtera. Hal ini disampaikan Plt.Bupati dr.Buntaran Supriyanto kepada media, Rabu (25/4/2018) pasca menyambangi warga Lumajang yang berada di Bulungan Kaltara.

Sebanyak 16 kepala keluarga berada di Kalimantan Utara tepatnya Bulungan Tanjung Selor, dari 16 KK tersebut berjumlah 48 jiwa. Mereka tinggal di Kaltara sejak sejak 2015.

Para transmigran tersebut mayoritas bekerja sebagai petani, mereka menanam jenis sayur-sayuran, dari hasil pertanian yang dilakukan per hari rata-rata penghasilan yang didapat Rp 150 ribu sampai Rp 500 ribu.

Para transmigran Lumajang yang berada di kabupaten Bulungan ini berasal dari Kecamatan Tempursari dan Yosowilangun, mereka tinggal di SP-3, sekitar 20 menit dari Ibu Kota Kabupaten Bulungan. Untuk ke lokasi transmigran rombongan Plt Bupati menggunakan tranportasi air yaitu spitboot.

“Mereka tinggal di sebuah lokasi tidak jauh dari ibukota kabupaten, kita naik spitboot cuma 20 menit, Setelah kita sanpai dipemukiman transmigran dan bertemu dengan orang-orang Lumajang, ternyata mereka cukup sejahtera dan kehidupan mereka juga lebih baik,” katanya.

Menurut dr.Buntaran warga Lumajang yang di Kaltara berharap keluarga dan teman-temannya di Lumajang bisa menyusul ke Kaltara.

Menurutnya selama ini gambaran kehidupan di daerah transmigrasi itu susah sehingga banyak warga yang kurang berminat dan ternyata setelah melihat langsung kondisi disana tidak seperti yang dibayangkan.

“Mereka disana senang, malah mereka titip pesan berharap warga Lumajang bisa menyusul kesana,” terangnya.

Plt. Bupati bersama rombongan, yang terdiri dari Kepala Bagian Humas dan Protokol, Kepala Dinas Tenaga Kerja, dan lainnya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara selama tiga hari, 17-19 April 2018. Kunjungan Kerja ini dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi dan mengunjungi warga Kabupaten Lumajang yang ada di lokasi SP-3 Kabupaten Bulungan.

Reporter : Abd Halim, Sp

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date