Tradisi Unduh-unduh, Cara Umat Kristiani Mensyukuri Berkat Tuhan Melalui Hasil Pertanian

Jombang, koranmemo.com – Umat Kristiani dari GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) Kecamatan Mojowarno, tumpah ruah ke jalan setempat, Minggu (12/5) pagi. Mereka berkumpul untuk merayakan hari raya unduh-unduh, memasuki masa panen tahun ini.

Pendeta GKJW Muryo Jayadi menuturkan, hari raya unduh-unduh untuk mengajak seluruh warga jemaat untuk menghayati karya berkat Tuhan melalui hasil pertanian.

“Agar semakin diberkati oleh Tuhan dan selalu diberi keselamatan dalam melakukan pekerjaan,” kata Pendeta Muryo Jayadi kepada awak media, Minggu (12/5).

Acara unduh-unduh ini sendiri menurut Pendeta Muryo, yakni dengan mengarak keliling kampung hasil bumi seperti padi, sayuran, dan buah-buahan.

“Mengambil rute dari blok (desa,red) masing-masing. Ada blok Mojodukuh, Mojojejer, Mojoroto, Mojowarno dan Pepantan Mojotengah,” paparnya.

Selanjutnya, hasil bumi yang telah dipersembahkan untuk Tuhan melalui gereja, akan kembali dibagikan kepada masyarakat melalui acara lelang.

“Hasil lelangan untuk keperluan operasional GKJW jemaat Mojowarno. Termasuk untuk memberi perhatian kepada warga yang kurang mampu,” ujarnya.

Pendeta Muryo juga menyampaikan pesan kepada jemaat GKJW, terkait pentingnya kembali merajut persatuan usai menjalani agenda politik dengan menyalurkan hak pilih yang berbeda-beda.“Maka dengan event unduh-unduh ini kita rajut kembali persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

Reporter Agung Pamungkas
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date