TNI Harus Jaga Netralitas Selama Pilkada

Kediri, Koranmemo.com – Komandan Resort Militer (Danrem 082/CPYJ), Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo mengingatkan jajarannya untuk menjaga netralitas menjelang pelaksanaan pilkada Juni mendatang. Menurutnya netralitas TNI merupakan harga mati yang wajib dilaksanakan dan dipatuhi.

Selain itu Gathut juga melarang anggota dan seluruh jajarannya untuk meminjamkan fasilitas TNI untuk kepentingan berkampanye. Komitmen ini sebagai salah satu wujud dan sikap netralitas TNI. “Beberapa kali atasan mengingatkan untuk tetap netral. Maka saya ingatkan kepada anggota dan seluruh jajaran untuk tidak boleh meminjamkan apapun, termasuk fasilitas milik TNI untuk berkampanye atau mendukung salah satu pasangan calon,” tegasnya usai memimpin Sertijab di Markas Kodim 0809 pagi tadi.

Disinggung antisipasi kerawanan dan potensi menghadapi dinamika politik saat ini, Gathut mengatakan, secara umum Kediri dinilai kondusif. Dia menilai masyarakat Kediri sudah dewasa menghadapi tahun politik yang biasanya rawan terjadi perpecahan.

Namun pihaknya tetap melakukan antisipasi dini dan segala kemungkinan yang terjadi dalam proses pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. “Khusus Kediri tingkat kedewasaan berpolitik cukup dewasa dan tidak ada yang dikuwatirkan. Kendati demikian, kami tetap lakukan antisipasi segala kemungkinan yang terjadi saat Pilkada. Oleh sebab itu perlu sinergi dengan Polri dan Pemerintah Daerah,” imbuhnya.

Reporter : Angga Prasetya

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.