Tinjau Pengamanan Jalur Wisata, Kapolres Trenggalek: Pospam Bisa Untuk Istirahat Warga

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Dalam melaksanakan Operasi Lilin Semeru 2017, Polres Trenggalek memfokuskan pada pengamanan perayaan Natal serta lonjakan pengunjung di seluruh jalur wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Keberadaan Pos Pengamanan pada setiap jalur wisata, mulai Kecamatan Durenan hingga lokasi wisata pantai Prigi serta pantai Pelang Kecamatan Panggul, dicek oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, Selasa (26/12).

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S mengatakan, meskipun berbentuk Pos Pengamanan (Pospam), namun juga dapat difungsikan untuk melayani masyarakat. Bahkan bisa juga untuk istirahat sehabis perjalanan jauh terutama pengunjung yang datang dari luar wilayah.

“Fungsi Pos pengamanan ini untuk melayani pengunjung, baik yang tersesat atau kecapekaan karena perjalanan jauh. Petugas Pospam juga wajib membantu dan mengfungsikan sebagai rest area, mengingat keberadaan pos pada titik sentral jalur utama serta persimpangan menuju kota lain,’’terangnya.

Disampaikan, geografis Kabupaten Trenggalek yang lokasinya didominasi pegunungan dan masuk wilayah pesisir pantai selatan, sehingga memungkinkan memiliki destinasi wisata baik yang sudah dikelola profesional maupun lokasi yang belum tersentuh oleh renovasi.

“ Sebagai sasaran pertama peninjauhan ini yakni Pospam Durenan. Selain lokasinya merupakan palang pintu masuk atau perbatasan Trenggalek, juga kesiapan anggota berikut perangkat pendukung lain perlu kita cek karena lokasi pos sangat sentra,’’ucapnya.

Perwira alumni Akademi Kepolisian tahun 2000 menambahkan, keramaian memang tidak sepadat lebaran, tapi banyak pula masyarakat yang sengaja mudik karena libur panjang. Jika ada yang mampir dan membutuhkan bantuan, petugas wajib membantu semaksimal mungkin.

“ Kami akan cek satu persatu Pospam yang ada. Guna memastikan kesiapan petugas termasuk patrol serta kegiatan kepolisian apa saja yang telah dilakukan, khususnya yang berkaitan dengan keselamatan pengunjung,’’pungkasnya.

Reporter: Suparni

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz