Tingkatkan Budaya Baca Melalui Lomba Perpustakaan

Lumajang,koranmemo.com-Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., menghadiri kegiatan penyerahan hadiah dan penghargaan Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se- Kabupaten Lumajang yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang di SMA PGRI 1 Lumajang, Senin (12/02/2018).

Menurut Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Drs. Winadi, M.Pd., tujuan diadakannya lomba tersebut adalah dalam rangka menggerakkan dan pembinaan Kabupaten Lumajang sebagai Kabupaten Literasi, menggairahkan budaya membaca bagi siswa, dan pembinaan dalam mengembangkan literasi sekolah.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada 12 sekolah yang menjadi pemenang lomba tahunan tersebut. Ke-12 sekolah tersebut meliputi pemenang juara 1 hingga harapan 3 untuk kategori tingkat SMA/SMK/MA dan SMP/MTS. Hadiah yang diberikan kepada pemenang juara 1 hingga harapan 3 adalah berupa sarana dan prasarana perpustakaan seperti rak buku dan almari simpan, ditambah dengan buku-buku. Sedangkan untuk sekolah yang tidak mendapatkan peringkat juara, diberikan beberapa buku sebagai hadiah.

Bupati menegaskan bahwa satu-satunya kunci agar seseorang dapat berkembang adalah dengan membaca, membaca dan membaca. Dengan membaca, pengetahuan yang diperoleh akan menjadi sesuatu yang menonjol walaupun sekolah atau kuliahnya tidak cocok. “Orang tidak bisa berkembang jika tidak punya budaya membaca”, ujarnya.

Lebih jauh, Bupati menginginkan, membaca harus menjadi budaya untuk mengubah karakter anak. Bupati mengajak untuk mengubah diri kita, anak kita, dan keluarga kita untuk terbiasa membaca buku untuk meneladani orang-orang sukses. Menurutnya, budaya membaca merupakan salah satu proses dalam pendidikan karakter.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengunjungi dan melihat Stand Pameran Karya Siswa SMA PGRI 1 Lumajang. Selain itu, Bupati juga berkesempatan menerima bantuan kendaraan perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional Pusat yang akan digunakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Reportet : Abd Halim,Sp

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.