Tinggal 2 Hari, Belum Ada Parpol Daftar di KPU

Nganjuk, koranmemo.comHingga tinggal 2 hari sampai ditutupnya proses pendaftaran, Minggu (15/7) belum ada satupun parpol yang terdaftar di KPU Kabupaten Nganjuk untuk pencalegan Pemilu 2019. Padahal, pendaftaran sudah dibuka sejak 4 Juli 2018 dan akan ditutup pada 17 Juli 2018 mendatang.

Divisi Hukum KPU Kabupaten Nganjuk, Yudha Harnanto menyampaikan, sampai hari ini hanya ada sebatas konsultasi tentang kelengkapan berkas saja. “Kemarin Partai Berkarya daftar tapi berkas belum lengkap dan kita kembalikan,” jelasnya, Minggu (15/7).Pihak KPU memang memberikan waktu sesuai dengan yang telah diputuskan oleh KPU RI. Setiap partai diperbolehkan untuk mendaftarkan anggota calon legislatif yang hendak ikut Pemilu 2019. Proses pendaftaran harus dilakukan lewat partai yang memberangkatkan calon legislatif tersebut.

Dalam pendaftaran setiap calon juga harus memenuhi ketentuan yang berlaku, misalnya tentang pendidikan minimal SMA atau yang sederajat, tidak pernah menjadi narapidana dengan hukuman lima tahun atau lebih yang dikecualikan karena alasan politik.

Selain itu, calon legislatif itu juga tidak terlibat kasus narkoba, kejahatan terhadap anak maupun korupsi. Untuk syarat lainnya, jika yang bersangkutan sebagai Bupati harus mengundurkan diri. Ada juga ketentuan lainnya tidak berpraktik sebagai akuntan publik, pejabat pembuat akta tanah, tidak rangkap jabatan di dewan pengawas, direksi, komisaris, dan sejumlah persyaratan lainnya.

Untuk tes kesehatan, KPU RI telah memberikan rekomendasi sejumlah rumah sakit yang bisa dijadikan lokasi tes kesehatan. Di sekitar Nganjuk ada di RSUD Jombang dan RSUD dr Soedono Madiun. Jika calon legislatif periksa kesehatan di tempat itu, hanya perlu hasil tes kesehatan, namun jika periksa di RS yang tidak ditunjuk harus melampirkan beragam kelengkapan lainnya misalnya tentang dokter yang memeriksa, tentang rumah sakit, dan beragam lainnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Nganjuk, Agus Rahman Hakim menyampaikan, partai yang telah mendaftarkan diri berarti ikut serta di Pemilu 2019. Namun, bagi partai yang tidak mendaftarkan calon legislatifnya, ia tidak dapat berebut massa untuk merebut kursi di DPRD Kabupaten Nganjuk.

Jumlah kursi di DPRD Kabupaten Nganjuk mencapai 50 kursi, yang terbagi menjadi lima daerah pemilihan yang tersebar di 20 kecamatan wilayah kabupaten ini.

Hingga kini, KPU juga masih melakukan perbaikan daftar pemilih sementara. Untuk daftar pemilih nantinya diambil dari daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Nganjuk 2018, ditambah pemilih pemula, serta pemilih belum cukup umur tapi pada 17 April 2019 sudah memenuhi syarat.

Untuk jumlah DPT Pilkada 2018, yang terdata ikut Pilkada Nganjuk mencapai 848.657.

Reporter Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date