Tindak Lanjut Pengesahan Perda, Pemkot Siapkan KTR

Malang, koranmemo.com-Dengan pengesahan Peraturan Daerah (Perda) terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang baru diresmikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan segerah menyiapkan sejumlah KTR di beberapa titik Kota Malang.

Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang mengungkapkan, persiapan itu adalah sebagai tindak lanjut Pemkot terkait Perda yang baru disahkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, Rabu (3/1) lalu. Penerapan KTR untuk sementara akan memprioritaskan beberapa titik terlebih dahulu. Seperti contoh gedung pemerintahan, sekolah dan rumah sakit yang berada dan tersebar di Kota Malang. “Setelah ada Perda tersebut, konsekuensi hukum harus dijalankan. Perangkat daerah wajib menindaklanjutinya,” ujarnya, Kamis (4/1).

Sementara itu, Abdul Hakim, Ketua DPRD Kota Malang mengatakan, keberadaan aturan ini sangat penting sebagai payung hukum bagi masyarakat. “Kami berharap aturan ini bisa berjalan dengan efektif dan membawa dampak yang baik bagi masyarakat dalam upaya menjaga dan untuk membatasi ruang bagi para perokok aktif di area publik,” jelasnya.

Ditambahkan, aturan ini sebelumnya juga sudah dikonsultasikan ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Perda ini merupakan aturan usulan dari pihak eksekutif. Perda KTR diajukan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang. Pembahasan kedua Perda ini melibatkan sejumlah pihak terkait pada tahun 2017.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.