Tidak Patuh Aturan Soal THR, Ini Yang Harus Dihadapi Perusahaan

Jombang, koranmemo.com – Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) sudah lazim diberikan perusahaan kepada karyawannya menjelang lebaran. Sesuai ketentuan, THR diberikan maksimal tujuh hari (H – 7) sebelum Hari Raya Idul Fitri. Namun, bagaimana jika ada perusahaan yang  ‘nakal’ dan tidak mematuhi hal tersebut?

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang, Setiajit yang juga Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengungkapkan, akan ada tindakan dari pemerintah kepada perusahaan yang tidak melakukan pembayaran THR kepada karyawannya.

“Itu kan melanggar norma, kalau melanggar norma, nanti kita turunkan pengawas ketenagakerjaan,” kata Setiajit, Rabu (30/5).

Setiajit mengungkapkan, ada beberapa tahapan penindakan yang akan dilakukan kepada perusahaan tak patuh. Pertama, akan dilakukan pembinaan agar perusahaan segera melakukan pembayaran THR dengan proses mediasi.

“Langkah kedua, kalau dalam mediasi tidak mencapai kesepakatan, maka kita pengawas ketenagakerjaan akan melakukan penyelidikan dan sekaligus juga penyidikan,” sambung Setiajit.

Setiajit menambahkan, disnakertrans juga membuka posko pengaduan THR untuk memfasilitasi perusahan maupun karyawan.

“Kami juga membuka posko untuk THR. Harapan kami, posko THR di kantor Disnakertrans di tiap daerah, bisa memfasilitasi tenaga kerja maupun perusahaan yang menginginkan kejelasan berkaitan dengan THR,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Disnakertrans Jombang, Heru Widjajanto menambahkan, saat ini jumlah perusahaan skala kecil hingga besar, ada lebih dari 600 perusahaan. “Di Jombang ada sekitar 670 an perusahaan, baik skala kecil (rumah tangga) sampai perusahaan besar,” papar Heru.

Ditanya lebih lanjut soal pembayaran THR tahun 2017 kemarin oleh ratusan perusahaan di Jombang, Heru mengaku masih belum bisa memantau sepenuhnya. Ia beralasan pemantauan terkendala keterbatasan tenaga.

“Untuk solusinya memang bisa melalui posko pengaduan. Jadi bagi perusahaan-perusahaan atau bagi pekerja yang tidak mendapatkan THR bisa mengadukan ke kami, kemudian akan kami tindak lanjuti,” tandas Heru.

Reporter : Agung Pamungkas

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date