Tidak Main-Main, Ini Langkah Pemkot Kediri Peduli Pendidikan

Kediri, koranmemo.com – Pemerintah Kota Kediri sejak tahun 2015 fokus dalam peningkatan pendidikan. Program-program pendidikan sebagai perwujudan pembangunan sumber daya manusia di Kota Kediri telah digulirkan.  Untuk program bea siswa, Pemerintah Kota Kediri memberikan bantuan bagi 1.500 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Data dari Dinas Pendidikan Kota Kediri, Pemkot Kediri telah mencairkan dana sebesar Rp 9,3 Milyar untuk biaya sekitar 1.245 mahasiswa. Target hingga tahun 2019 mencapai 1.500 mahasiswa.

Untuk mensukseskan program bea siswa tersebut, Pemkot Kediri mengeluarkan kebijakan yang tertuang di dalam Perda Bantuan Pendidikan No. 9 Tahun 2017, juga Perwali No. 17 Tahun 2017. Dalam penerapan teknisnya  langsung dijalankan Dinas Pendidikan Kota Kediri.

“ Data untuk Program bea siswa dari keluarga tidak mampu untuk tahun 2015 ada 16 mahasiswa, di tahun 2016 naik menjadi 132 orang dan di tahun 2017 meningkat tajam menjadi 677 mahasiswa, sampai dengan di pertengahan tahun 2018 tercatat sudah 420 mahasiswa.” Kata Apip Permana, Kabag Humas Pemkot Kediri.

Lanjut Apip , tidak hanya masalah bea siswa saja dalam program Pendidikan, Pemerintah Kota Kediri juga membebaskan biaya ujian nasional dan ujian sekolah. “Tahun ini saja,  Pemkot Kediri telah menghibahkan 272 laptop untuk pelaksanaan UNBK,” kata Apip.

Pemkot Kediri juga membebaskan biaya daftar ulang. Pemkot Kediri mewajibkan anak di Kota Kediri untuk wajib belajar 12 tahun dengan mengratiskan biaya pendidikan untuk SD, SMP dan SMA/SMK. Namun di tahun 2017, SMA/SMK di bawah kewenangan Provinsi, Pemkot Kediri memberikan bantuan biaya SPP sebesar Rp 30.000.

Kepedulian bidang pendidikan tidak hanya masalah dalam biaya pendidikan saja, Pemkot Kediri ternyata juga mengratiskan kain seragam sekolah dan ongkos jahit seragam.

“Dalam 3 tahun ini Pemkot Kediri memang fokus dalam pembangunan, salah satunya bidang Pendidikan. Perhatian tidak hanya masalah seragam dan SPP yang gratis. Pemkot Kediri juga membuat gebrakan Rumah Karya dan English Massive,” tambah Apip.

Editor: Bambang Iswahyoedhi

Follow Untuk Berita Up to Date