Tiap Kecamatan Bakal Dilengkapi Perangkat Adminduk

Lamongan, koranmemo.com – Tahun ini, piranti lunak untuk pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) masyarakat di Lamongan sudah siap, tinggal persiapan untuk mengaplikasikannya. Rencananya, piranti tersebut bakal tersebar rata di seluruh Kecamatan di Lamongan.

Sementara ini, pelayanan di Kecamatan terkait perekaman KTP elektronik, pembuatan Kartu Keluarga (KK), pembuatan KTP rusak dan permohonan Kartu Identitas Anak (KIA) masih belum maksimal. Tiap hari ada ratusan yang mendatangi kantor Disdukcapil. “Karena tanda tangan elektroniknya masih di sini,” jelas Sugeng Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.Wajar saja, tambah Sugeng, tiap harinya pemohon hingga ratusan mendatangi kantor Disdukcapil. Pemohon yang datang sekitar 100 hingga 150. Dari jumlah tersebut, paling dominan adalah pemohon yang sedang mengurus Kartu Keluarga. Meski begitu, pihaknya juga mengatakan dalam waktu dekat pelayanan Adminduk cukup di kantor Kecamatan.

Sementara itu, menurutnya, sudah ada 18 Kecamatan yang sudah melayani Adminduk. Hanya saja, untuk Tanda Tangan Elektronik (TTE) sementara waktu harus datang ke kantor Disdukcapil. “Untuk tanda tangan elektronik hanya ada di Kecamatan Modo dan Sukorame,” jelas Sugeng menambahkan.

Untuk memaksimalkan pelayanan bagi pemohon, tidak akan lama, semua kecamatan akan dilengkapi peralatan teknis termasuk tanda tangan elektronik. “Untuk permohonan KTP saat ini sudah cukup di kantor kecamatan ada 18 kecamatan yang melayani dan tahun ini kita targetkan sudah sampai ke 27 kecamatan,” imbuhnya.

Target pelayanan hingga seluruh kecamatan di Lamongan itu dikatakan lantaran piranti Adminduk sudah siap. Kembali, tujuan daripada itu adalah untuk memudahkan pemohon agar tidak repot lagi datang jauh jauh ke kantor Disdukcapil.

“Sudah barang tentu, jika pelayanan di kantor Disdukcapil ramai pemohon, pelayanan di kantor kecamatan masih belum maksimal. Tahun ini semua kecamatan ditargetkan sudah mengaplikasikannya, karena perangkatnya sudah datang,” terang mantan Kabag Humas ini.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date