Terkejut Saat Tiba-Tiba Anggota Digendong Anggota

AKBP Ahmad Yusep Gunawan Pindah Tugas

Mulai Rabu (7/12) kemarin Polres Kediri memiliki pemimpin baru. Jabatan Kapolres Kediri yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Ahmad Yusep Gunawan kini diisi oleh AKBP Sumaryono. Suasana harupun terlihat dari prosesi pisah sambut yang dilakukan di internal Polres Kediri, Rabu (7/12) siang.

Sekitar pukul 12.30 WIB prosesi pisah sambut dan prosesi pedang pora untuk melepas AKBP Yusep dilaksanakan. Sebelum prosesi tersebut, seluruh anggota mengikuti apel bersama bersama Kapolres baru AKBP Sumaryono didampingi AKBP Yusep.

Dalam amanatnya AKBP Yusep berpesan kepada seluruh anggota yang pernah dipimpinnya untuk terus meningkatkan kinerja. Mereka diminta untuk mendukung dan melaksanakan tugas dan kebijakan yang diberikan AKBP Sumaryono sebagai kapolres yang baru.

Tangis harupun tak dapat dihindarkan saat AKBP Yusep pamitan dan bersalaman dengan satu per satu anggotanya. Kejutanpun diterima AKBP Yusep saat akhir prosesi. Beberapa anggota langsung mengangkat dan menggendongnya menuju wisma kapolres. Padahal seharusnya di akhir prosesi AKBP Yusep diarak menggunakan kereta kencana menuju wisma. AKBP Yusep tampak terkejut dan meminta anggotanya untuk menurunkannya. Namun para anggota tetap berlari dan menggendongnya. “Turunkan, ini berat. Perjalanan menuju wisma cukup jauh,” ujar AKBP Yusep kepada mantan anggotanya.

Selama menjabat sebagai Kapolres Kediri berbagai kesan dirasakan AKBP Yusep. Banyak hal yang membuatnya terkesan selama tugasnya kurang lebih dua tahun di Kediri. Kepribadian masyarakat Kediri yang rendah hati dan saling menolong itulah yang bakal dikangeni AKBP Yusep dari Kediri. “Kerendahan hati dan kebersamaan akan menjadi salah satu hal yang sangat dikangeni dari Kediri,” ungkapnya mengenai kesan selama berada di Kediri.

AKBP Yusep berharap kerendahatian dan saling menolong itu akan tetap terjaga meski dirinya sudah tidak menjabat sebagai Kapolres. AKBP Yusep berharap kepada AKBP Sumaryono untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan yang selama ini telah terjaga.

Sementara itu sebagai Kapolres baru, AKBP Sumaryono akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan AKBP Yusep. AKBP Sumaryono menilai program yang telah dilakukan AKBP Yusep sangat bagus. Untuk langkah awal dia akan melakukan pendekatan dengan para anggota dan masyarakat di Kediri. “Program beliau sudah sangat bagus dan saya tinggal menambahkan-menambahkan saja,” ujarnya. (ram)

 

Follow Untuk Berita Up to Date