Terbangkan Drone Saat Kunjungan Jokowi, YouTuber ini Diintrogasi Paspampres

Ponorogo, koranmemo.com – Kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Kabupaten Ponorogo pada Jumat (4/1), diwarnai kejadian unik. Seorang YouTuber diamankan petugas Pengaman Kepresidenan (Paspampres) lantaran menerbangkan drone secara ilegal.

Dari pantuan di lapangan, Drone jenis Dji Spark yang terbang di atas kawasan Alun-alun Ponorogo tampak diturunkan paksa saat Jokowi mendatangi lokasi pembagian sertifikat masal tersebut. Tiga anggota Paspampres yang memburu drone ilegal ini,  langsung mengintrogasi sang pilot yang diketahui bernama Afif Febrianto (20) warga Dukuh Nglupang II Rt 1 Rw 1 Desa Nglupang Kecamatan Mlarak. Tak hanya diintrogasi, memory card drone yang digunakan untuk menyimpan hasil rekaman kedatangan Jokowi juga ikut disita dan dihapus petugas.

Salah satu anggota Paspampres Budi mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 tentang  penggunaan pesawat tanpa awak (drone), setiap kunjungan Presiden (VVIP) drone yang terbang harus memiliki izin terbang dari Kementrian Perhubungan serta Paspampres.” Jadi setiap kunjungan VVIP tidak boleh ada drone di atas langit, drone boleh diterbangkan bila sudah ada izin dari Paspampres dan Kementrian Perhubungan,” ujarnya.

Lebih detail, Budi mengungkapkan dari hasil pemeriksaan diketahui sang Pilot Drone Afif tidak memiliki sertifikat penerbangan drone dan izin menerbangkan drone saat kunjungan presiden.” Dia seorang YouTuber, dan drone yang diterbangkan tidak ada izinnya,” ungkapnya.

Sementara sang pemilik drone, Afif Febrianto mengaku tidak mengetahui adanya aturan tersebut. Ia mengaku mengabadikan momen kedatangan Jokowi untuk dokumentasi dalam Channel YouTubenya.” Tidak tahu, buat dokumentasi saja di channel saya,” dalihnya.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date