Terapkan Alat Absen Pendeteksi Wajah

Jombang, Koranmemo.com – Anggota Polres Jombang semakin tidak berani membolos. Sebab saat ini di polres setempat telah menerapkan absensi kehadiran dengan alat pendeteksi wajah dan bukan hanya menggunakan absensi sidik jari seperti  digunakan di beberapa instansi plat merah maupun perusahaan swasta maju.

Wakapolres Jombang Kompol Edith Yuswo Widodo mengatakan, alat presensi digital yang dipasang di mapolres mendeteksi wajah dengan mengenali iris atau retina mata anggota. Dengan begitu, alat tersebut tidak bisa diakali.

“Kalau bukan tiap anggota yang melakukan absensi, maka alat tersebut tidak akan mendeteksi,” kata Kompol Edith kepada wartawan, Selasa (2/1).

Dari sisi teknis, lanjut Wakapolres, alat absensi pendeteksi wajah ini memiliki keunggulan cenderung tepat dan akurat  dibanding dengan absensi sidik jari biasa. Sebab pada alat absensi sidik jari biasanya mengalami kendala ketika jari sedang basah, kulit mengelupas maupun terkena minyak. Sehingga proses absensi sering terkendala.

“Sedangkan tujuan dari sisi kedinasan diharapkan anggota bisa datang tepat waktu dan tidak ada yang membolos. Tahap selanjutnya, setiap bulan akan diprint-out untuk mengevaluasi kehadiran anggota,” ujarnya.

Wakapolres menambahkan, setelah terpasang di mapolres,  kemudian alat absensi serupa juga akan diterapkan di masing-masing polsek jajaran Polres Jombang.

“Absensi ini tidak bisa dikelabuhi dengan menggunakan foto dan sebagainya. Sebab mendeteksi wajah anggota yang sudah masuk dalam database dengan metode tiga dimensi,” tandasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.