Tepergok Congkel Kotak Amal

Surabaya, koranmemo.com –  Kelakuan Suwaji (45) warga Dusun Mergoayu, Desa Mergobener, Kecamatan Tarik, Sidoarjo benar-benar keterlaluan. Dia mencuri kotak amal Musala Al Mansur, Desa Tanggul, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, Jumat (4/11). Atas perbuatannya tersangka diamankan oleh Polsek Wonoayu.

Aksi bapak dua anak ini semula aman-aman saja. Namun, ketika melakukan aksinya, pelaku dipergoki Uswatun Hasanah, warga sekitar. Uswatun yang saat itu tidak mengenali pelaku langsung menegurnya. Namun pelaku malah sembunyi di balik pintu. “Kejadian itu sekitar pukul 13.30 WIB,” terang AKP Hetiyanto, Kapolsek Wonoayu, Jumat (4/11).

Kecurigaan Uswatun muncul, dirinya langsung memanggil warga yang saat itu berada di warung kopi yang tidak jauh dari musala. Uang sebesar Rp 327 ribu yang ada didalam kotak amal berhasil digondol. Namun, tidak berhasil dibawa kabur karena keburu diamankan warga.

Sebagian warga yang tidak mampu menahan emosi, langsung memberikan bogeman mentah terhadap pelaku. Beruntung polisi segera meluncur ke TKP, sehingga langsung diamankan ke Mapolsek Wonoayu. “Dengan dasar laporan dan barang bukti yang kita temukan dari tangan pelaku, selanjutnya tersangka kita bawa ke mapolsek, guna proses hukum lebih lanjut,” ungkapnya.

Sementara itu, dari tangan tersangka, petugas berhaail mengamankan barang bukti berupa 1 kotak amal, uang receh sebesar Rp 327 ribu, dan 1 unit motor Honda Grand bernopol W 2638 YE milik pelaku. “Tersangka akan dijerat Pasal 363 ayat 5 E subsider 362 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan,” tegasnya.(ian/mad)

 

Follow Untuk Berita Up to Date