Temukan Cacing Hati

Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri memeriksa kondisi organ hewan ternak yang disembelih(memo/bakti)
Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri memeriksa kondisi organ hewan ternak yang disembelih(memo/bakti)

*Dinas Peternakan Periksa Daging Kurban

Kediri, Memo- Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri menemukan cacing hati di satu sapi yang disembelih di satu lokasi di Desa Ngasem Kecamatan Ngasem, pada saat pelaksanaan Idul Kurban, kemarin (5/10). Pemeriksaan ini dilakukan terhadap lima sapi yang disembelih.

Sementara untuk 62 ekor kambing yang disembelih, secara umum kambing tersebut sehat dan tidak ditemukan cacing hati. Setelah diperiksa,cacing hati tersebut diambil petugas dan dibuang dengan cara dipendam. Namun yang dibuang hanya bagian hati yang ada cacing hatinya saja.

Cacing hati sapi ini keropeng, berbahaya jika dikunsumsi bagi tubuh karena direbuspun tidak akan mati. Ciri-ciri hati sapi yang terkena cacing hati dipijat keras di tempat hati sapi tetap keras, dibuka ada bercak putih dan dibuka timbul cacingnya.

Sementara untuk paru-paru sapi semua sehat adapun bercak tersebut karena gerak dan bernafas sapi saat disembelih hingga darah masuk.

Drh. Sri Suparmi MM, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri menjelaskan,secara umum kondisi daging hewan kurban yang diperiksa timnya sehat dan hanya 1 % saja pada hati sapi yang ada cacing hati. Semua daging kurban layak dikunsumsi masyarakat dan aman.

“Setelah satu tempat cacing hati diambil, hati sapi bisa dikunsumsi termasuk daging sapi dan kambing yang baru disembelih.Untuk tim dari Dinas Peternakan ada empat tim dan melakukan pemeriksaan selama dua hari. Ditambah 26 tim yang ada di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri.Jadi sebenarnya ada 30 tim yang menyebar melakukan pemeriksaan daging hewan kurban ini,” jelasnya.(bak)

Hal yang sama disampaikan Drh Apriati Dwiwin Dyastuti Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Kesehatan dan Peternakan Kabupaten Kediri.Benar adanya cacing hati perlu di buang agar tidak membahayakan bagi warga yang mengkunsumsi daging hewan kurban.

“Harus segera diambil agar tidak bercampur dengan daging lainya. Namun secara umum kondisi daging hewan korban yang diperiksa tim kami semuanya sehat dan aman dikunsumsi,” katanya.(bak)

 

Follow Untuk Berita Up to Date