Tekan Lonjakan Harga Kebutuhan, Pemkot Gelar OPM

Kediri, koranmemo.com – Pemkot Kediri melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian kota Kediri melakukan Operasi pasar murah (OPM). Hari ini Selasa (7/5) OPM berlangsung di Kelurahan Banjarmlati, Kecamatan Mojoroto kota Kediri.

Berlangsung OPM-nya ini, disambut antusias warga. Salah satu warga yang ikut berbelanja di sini ialah Siti (49). Dia mengaku senang dengan adanya OPM ini, karena yang ada di OPM ini lebih murah ketimbang harga di pasaran umum.

“Alhamdulillah mas di sini lebih murah dibanding pasar. Telur saja kalo di pasar Rp 22 ribu. Di sini cuma Rp 20 ribu per kilonya,” ujar Siti yang mengaku sangat dibantu dengan adanya OPM ini.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian kota Kediri, Yetty Sisworini, menjelaskan, harga yang ada di OPM ini telah disesuaikan lebih murah dibandingkan pasar.

“Biasanya untuk Bulan Ramadan dan hari raya, harga cenderung tidak stabil. Bahan yang kami sediakan ialah beras telur minyak dan gula dengan harga di bawah harga pasar. Gula yang biasanya seharga Rp 12.000, disini kita jual 10.600, begitupun dengan minyak, beras dan telur. Semua kita jual dengan harga dibawah harga pasar. Tujuannya ialah untuk menstabilkan harga agar tidak terjadi inflasi,” ujar Yetty.

Dikatakan, selain harga, juga ada batasan maksimal pembelian yang diperbolehkan untuk masyarakat. “Untuk pembelian juga diatur agar masyarakat yang berbelanja juga teratur. Ini berdasarkan imbauan dari Pak Wali Kota Kediri agar masyarakatnya berbelanja dengan bijak. Maksimal untuk telur 2 kg, gula dua bungkus dengan berat 2 kg. Minyak dua botol dan beras dua karung, masing-masingnya 5 kg per karung,” ujarnya.

Reporter: Dimas Mahendra

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date