Tekan Harga Jelang Ramadan, Pemkab Gelar OP

Lumajang, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan oparasi pasar (OP) menjelang bulan Ramadan 1439 H/ 2018 M.

Pada   Selasa (15/05/2018), Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes., melepas kendaraan truk sembako secara simbolis dimulainya OP I tersebut dari halaman Kantor Bupati, jln. Alun-alun Utara No. 7 Lumajang.

 Operasi pasar tersebut, dalam rangka gerakan stabilisasi harga kebutuhan pangan pokok menjelang bulan Ramadan, yang biasanya cenderung naik.

Pada kesempatan itu, Plt. Bupati menjelaskan bahwa operasi pasar tersebut sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Lumajang menjelang bulan Ramadan.

“Ini sudah dilakukan seperti halnya tahun lalu, mengingat perilaku masyarakat saat mendekati bulan Ramadan menyebabkan permintaan pasar meningkat”, ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk menyeimbangkan antara ketersediaan barang dan permintaan pasar, serta mengantisipasi melonjaknya harga bahan pokok Pemkab Lumajang bekerjasama dengan Bulog dan beberapa perusahaan swasta di Kabupaten Lumajang melakukan operasi pasar. Tentunya dengan harga yang lebih murah.

Namun meskipun operasi pasar menyediakan barang dengan harga murah, masyarakat tidak diperbolehkan membeli dengan jumlah banyak. Ada mekanisme pembatasan pembelian per orang.

Plt. Bupati menambahkan ada kemungkinan Pemkab Lumajang akan menambah jumlah barang, namun hal itu masih melihat situasi pada pelaksanaan operasi pasar yang pertama.

Ia berharap, dengan operasi pasar tersebut dapat menekan dan menyetabilkan harga kebutuhan pokok di pasar.

Reporter : Abd Halim,Sp

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date