Tekad Pengusaha Muda Membuka Rustic Dekorasi

Kediri, koranmemo.com – Usai lulus madrasah tsanawiyah (MTs), Ichwan Amirudin memilih bekerja sebagai asisten fotografer. Biaya menjadi kendala bagi anak buruh tani ini yang memilih tidak melanjutkan ke jenjang sekolah menengah. Berkat pengalaman – pengalaman fotografi itu membawanya pada dunia jasa dekorasi spesialis tema rustic, meski kini usianya baru 23 tahun.

Dekorasi yang bertemakan rustic beberapa tahun terakhir sedang digemari oleh masyarakat. Selain harganya yang lebih terjangkau, tema – tema ini digemari karena  bisa dibuat sesuai dengan keinginan. Modal paling penting adalah kreativitas dari pembuat rustic tersebut. Itulah yang saat ini sedang digeluti Ichwan Amirudin pemuda asli warga Desa Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.Ichwan Rustic Decoration begitu dia memberi nama pada usaha miliknya sendiri yang dibangun dari nol. Perjalanan hidup laki – laki kelahiran 1996 ini terbilang berliku – liku. Berawal dari usia 15 tahun, alias lulus MTs dia menjadi asisten fotografi.

“Mau lanjut sekolah tapi tidak ada biaya mas, pilih kerja saja. Dari kecil memang saya sudah pengen bekerja – bekerja gitu karena kondisi keluarga,” kata anak dari pasangan Nur Ali dan Siti Fatimah ini.

Pengalaman yang tidak dimiliki serta ijazah hanya MTs, Ichwan bekerja dengan menggulung kabel dari tempat fotografi yang dia ikuti. Dari sekedar menggulung kabel, dia belajar fotografi secara otodidak. Beruntung Ichwan mendapatkan perhatian dari bosnya.“Awalnya cuma digaji Rp 200 ribu, tapi lama kelamaan saya bisa mengambil foto sendiri terus dapat gaji sampai Rp 1,5 juta,” katanya.

Setelah tujuh tahun berkerja ikut dengan orang, Ichwan memutuskan untuk berani membuka usaha sendiri. Sebagian gaji yang dia terima terus disisihkan untuk membeli perlengkapan dekorasi. Sedikit demi sedikit barang – barang yang dibutuhkan untuk membuka usaha terkumpul sehingga membuatnya untuk membuka usaha sendiri.

“Gaji itu yang Rp 500 ribu saya gunakan buat jalan – jalan sisanya buat beli bunga, kayu, kursi, panggung, lampu, pokoknya uangnya cukup saya beli. Karena sudah tekad bulat membuat usaha dekorasi, motivasinya karena bapak cuma buruh tani, ibu hanya penjahit rumahan sudah tidak cukup buat hidup,” ujarnya.

Pertengahan tahun 2018 menjadi awal Ichwan berani membuka pelayanan dekorasi sendiri. Sialnya, pertama mendapatkan klien, Ichwan tertimpa masalah. Konstruksi panggung yang dia pasang kurang bagus, sehingga ambrol. Meski acara pernikahan tetap bisa berjalan, dia mendapatkan komplain yang membuatnya putus asa.

“Saya sampai putus asa, berfikir tidak lagi melanjutkan usaha ini. Baru mulai saja saya sudah dapat masalah panggungnya yang kurang kuat. Saya benar – benar malu waktu itu,” tandasnya.

Namun, rasa putus asa Ichwan itu tidak berjalan lama. Setelah satu bulan mendapatkan masalah, Ichwan bangkit lagi berkat motivasi dari orang – orang terdekatnya khususnya adalah ibunya. “Waktu itu bos saya di foto, teman – teman ikut menyemangati. Terus mamak (ibu) yang paling sering kasih nasihat agar saya bisa bangkit lagi merintis kembali usaha rustic dekorasi ini,” kenangnya.

Setelah percaya dirinya kembali, Ichwan langsung mendapaktan 5 klien untuk mengerjakan dekorasi pernikahan (wedding). Pendapatan dari situ terus dia gunakan untuk melengkapi perlengkapan dekorasi miliknya. Karena rumahnya yang kecil, perlengkapan dekorasi itu dia taruh di rumah neneknya.

Ichwan memberikan harga beragam pada klien yang menggunakan jasa rustic dekorasi. Mulai  Rp 750 ribu tanpa panggung, sampai Rp 4,5 juta bagi klien yang meminta menggunakan bunga – bunga asli. Pada bulan Syawal menjadi berkah tersendiri bagi Ichwan, lantaran bulan itu banyak masyarakat yang mengadakan hajatan pernikahan atau pesta – pesta lainnya. Nyatanya, meski usianya baru menginjak 23 tahun masyarakat mempercayai karya – karya rustic milik Ichwan.

“Alhamdulillah masyarakat percaya dengan saya, usia saya yang terbilang sangat muda di dunia ini tidak menjadi hambatan selama ini,” pungkasnya.

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date