Tebing Longsor, 2 Penambang Pasir Nyaris Tewas

Share this :

Blitar,koranmemo.com- Nasib nahas menimpa dua penambang pasir di lokasi penambangan Dusun Kaliputih, Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Kedua penambang nyaris meregang nyawa, setelah tertimbun tanah longsor, pada Jumat (12/1) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

Diketahui, dua penambang tersebut adalah Tholib (40) warga Desa Batuaji Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri dan Zamroji (35) warga Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

Material longsor sendiri berasal dari tebing setinggi tujuh meter, yang terletak di lokasi penambangan pasir Kaliputih aliran sungai lahar Gunung Kelud.

Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya SH SIk menjelaskan bahwa saat kejadian, keduanya tengah melakukan aktifitas penambangan tepat di bawah tebing. Padahal, menurutnya, hal tersebut sangat beresiko.

“Mereka kurang memperhatikan resiko menambang di bawah tebing. Jelas, itu mengancam keselamatan,” katanya,Jumat (12/1).

Karena itu, lanjutnya, ketika longsor menerjang secara tiba-tiba, korban nyaris tak bisa berbuat banyak, karena tidak memiliki kesempatan untuk menyelamatkan diri.

Mengetahui kejadian itu, teman-teman sesama penambang bergegas memberi pertolongan.Nahas, material longsor yang  campuran pasir dan bebatuan itu membuat proses evakuasi yang dilakukan para penambang sempat mengalami kendala Terlebih, peralatan yang mereka gunakan juga sangat terbatas.

Namun keduanya berhasil diselamatkan. “Korban baru bisa dievakuasi saat itu juga, keduanya langsung dilarikan menuju RSUD Mardi Waloyo Kota Blitar untuk mendapat pertolongan,” ujarnya.

Dikatakan meski mengalami luka berat, namun nyawa korban bisa diselamatkan. “Keduanya mengalami luka berat di sejumlah bagian tubuh, sehingga perlu dilakukan perawatan intensif di rumah sakit,” ungkapnya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz