Tebang Pohon Rawan Tumbang

Jombang, Koran Memo – Antispasi datangnya musim hujan dan potensi angin puting beliung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jombang melakukan penebangan pohon yang rawan tumbang termakan usia dan juga perapian ranting pohon yang telah mengering. Penebangan dimaksudkan untuk menghindari adanya pohon tumbang dan menimpa pengguna jalan.

Penebangan pohon rawan roboh dan perapian ranting pohon yang mengering di Jl Wahid Hasyim (agung/memo)
Penebangan pohon rawan roboh dan perapian ranting pohon yang mengering di Jl Wahid Hasyim (agung/memo)

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, Nur Huda mengatakan prediksi dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan di Kabupaten Jombang mulai turun awal Desember.“Perlu melakukan pengecekan mana pohon yang rawan tumbang. Karena dalam musim penghujan, tidak menutup kemungkinan juga disertai angin puting beliung. Untuk itu kami melakukan antisipasi pohon tumbang dengan merapikan ranting pohon dan merobohkan pohon yang dianggap rawan tumbang,” ujarnya, saat ditemui sejumlah wartawan, di Jl Wahid Hasyim Jombang, Selasa (10/11).

Masih kata Nur Huda, selain pengecekan pohon, pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas terkait untuk antisipasi wilayah rawan longsor dan bencana lain akibat datangnya musim penghujan.”Sudah satu minggu ini koordinasi dengan dinas terkait, terkait persiapan menghadapi musim penghujan.  Ada 11 kecamatan yang rawan bencana di Kabupaten Jombang. Untuk itu kita harus lebih waspada saat menghadapi datangnya musim penghujan,” pungkasnya. (ag)

Follow Untuk Berita Up to Date