Tarif KA Ekonomi Jarak Jauh Batal Naik

Kediri, koranmemo.com – Sebelum awal tahun baru 2019, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mencabut subsidi untuk lima kereta api (KA) antar kota dan antar provinsi salah satunya KA Brantas jurusan Blitar – Pasar Senen. Namun, peraturan itu akhirnya dicabut dan tarif KA masih akan tetap sama hingga akhir tahun 2019.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sesuai rilis yang diterima dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian subsidi kereta api tetap berlanjut hingga 31 Desember 2019. Hal itu setelah kontrak public service obligation  (PSO) untuk Kereta Api Layanan Kelas Ekonomi ditandatangani dan pemberian subsidi PSO tersebut sudah berlaku sejak tanggal 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2019.

“Harganya tetap tidak ada kenaikan ini sesuai surat yang kami terima dari Ditjen Perkeretaapian nomor 1/SP/I/DJKA/2018. Jadi subsidi PSO tetap berlaku untuk KA antar kota tiga KA ekonomi jarak jauh, 9 KA jarak sedang, dan 2 KA lebaran. Selain itu juga untuk KA perkotaan yaitu 17 KA ekonomi jarak dekat dan 11 KRD ekonomi serta 956 perjalanan kereta commuter,” ujarnya, Rabu (2/1).

Ixfan menambahkan, dengan pemberlakuan subsidi tersebut maka ada pengalihan 5 KA ekonomi PSO menjadi KA ekonomi non PSO. Pengalihan tersebut tidak berdampak pada tarif yang berlaku sehingga tarif 5 KA tersebut tidak berubah. Hal ini terlihat dari harga tiket KA Brantas jurusan Blitar – Pasarsenen yang tetap Rp 84.000.

“Dengan tarif yang tidak mengalami perubahan tersebut, Pemerintah berharap animo masyarakat untuk naik moda transportasi kereta api akan terus meningkat. Pemerintah juga mengimbau kepada kami, PT. KAI (Persero) untuk tetap menjaga pelayanan dari kereta-kereta kelas ekonomi tersebut sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” jelasnya.

Tarif KA yang sebelumnya dijadwalkan akan mengalami perubahan diantaranya, KA Gaya Baru Malam Selatan lintas Surabaya Gubeng – Pasarsenen tidak ada kenaikan, demikian juga untuk 4 KA Ekonomi lainnya, yaitu : KA Logawa lintas Purwokerto – Jember, KA Brantas lintas Blitar – Pasarsenen, KA Pasundan lintas Surabaya Gubeng – Kiaracondong Bandung, KA dan KA Matarmaja lintas Malang – Pasarsenen.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date