Tangis Haru, 180 Anak Binaan Basuh Kaki Orang Tuanya

Blitar, koranmemo.com -Suasana haru serta isak tangis mewarnai acara basuh kaki pada family soecity gathering “Tetap Ceria Meraih Asa” di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I A Blitar, Selasa (17/4).

Acara yang diikuti keluarga binaan atau penghuni lapas dan keluarga sekaligus merupakan perayaan HUT Lapas ke – 54 pada 2018.

Tidak hanya melaksanakan rangkaian kegiatan basuh kaki kepada orang tua atau istri dan keluarga tapi kegiatan ini juga untuk lebih memaknai arti permohonan maaf dan penyesalan tentang apa yang telah dilakukan hingga mereka berada di LPKA ini.

 “Kegiatan basuh kaki ini juga pertama dilakukan di LPKA Blitar. Semoga dengan kegiatan ini bisa menyentuh hati para anak binaan kepada orang tuanya, ” kata Kakanwil Kemenkumham Jatim, Susi Susilawati.

Seluruh anak binaan duduk dan kemudian istri maupun orang tua masing-masing penghuni LPKA, kakinya dibasuh dengan air yang telah disiapkan panitia. Rasa haru dan isak tanggis merwanai kegiatan tersebut yang baru pertama kali dilaksanakan di LPKA Blitar.

“Dengan acara ini kami ingin menggugah dan menyetuh hati dari masyarakat bahwa acara ini bisa dilaksanakan bersama. Bukan kami saja tetapi keluarga juga kami berikan ruang untuk mereka,” katanya.

Perlu diketahui jika acara basuh kaki tersebut adalah untuk menggugah hati kedua belah pihak untuk sama-sama saling membuka diri dan memafaatkan.

“Saya sendiri juga ikut terharu melihatnya saat kegiatan basuh kaki dilakukan, ” tuturnya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Gimo Hadiwibowo