Tanamkan Toleransi Beragama, Ratusan Pelajar MI Kunjungi Vihara

Batu, koranmemo.com – Ada berbagai cara untuk belajar bertoleransi antar umat beragama, salah satunya seperti yang dilakukan oleh ratusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Kota Batu.

Mereka berkunjung ke Vihara Dhammadipa Arama yang berada di Jalan Raya Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Kamis (15/2).

Ulul Azmi, Kepala MI Darul Ulum mengatakan, toleransi antar umat beragama ini sangat penting ditumbuhkan sejak dini, oleh karena itu sekitar 213 siswa kelas 1 hingga kelas 6 MI Darul Ulum mengikuti pembelajaran di luar kelas atau sekolah.

“Tema yang diusung adalah kebersamaan dalam keberagaman. Pembelajaran tersebut meliputi, karakter toleransi dan menghargai perbedaan, pengenalan tempat-tempat ibadah,” ungkapnya.

Menurutnya, kunjungan ke Vihara untuk mengajari siswa-siswinya untuk saling mengenal agama lain. Yang paling penting mengajarkan bagaimana toleransi antar umat beragama itu seperti apa.

Nantinya tidak hanya di Vihara saja, mungkin selanjutnya akan ke Klenteng Kwam Im Tong yang berada di Kota Batu, selain itu dalam waktu dekat ini mungkin berkunjung ke Pura Giri Arjuna yang berada di Tulungrejo. “Ini salah satunya merespon peristiwa yang sedang marak di nasional,” ujarnya.

Sementara, Widya Amarta, salah satu siswi kelas 6 mengatakan, bahwa dirinya baru pertama kali mengunjungi Vihara Dhammadipa Arama tersebut. Di dalamnya cukup luas, tadi juga diberi pembelajaran apa saja yang ada di Vihara tersebut oleh samanera dan attasilani (siswa-siswi yang belajar agama Budha).

“Saya baru tau, bagus sekali, apalagi ada patung Buddha Tidur atau The Sleeping Buddha warna kuning emas. Saya juga berkesempatan berfoto di sana,” ujarnya.

Bhante Khantidharo Mahathera, Ketua Vihara mengatakan, vihara ini terbuka bagi siapapun pengunjung yang hendak melihat maupun belajar.

“Kami terbuka pada siapa saja. Terkadang pengunjung melihat-lihat, bertanya, juga berfoto di sini,” ungkap Bhante Khanti.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.