Tanamkan Disiplin Tertib Berlalu Lintas Sejak Usia Dini

Trenggalek, Koranmemo.com – Dalam mewujudkan dan memperkenalkan disiplin dan tertib berlalu lintas, jajaran Satlantas Polres Trenggalek gencar melaksanakan program Polisi Sahabat Anak dengan menggandeng sekolah PAUD dan TK se-Kabupaten Trenggalek dengan mengambil lokasi di Hutan Kota (Huko Trenggalek), Rabu (4/10)

Disiplin dan tertib berlalu lintas sudah selayaknya dikenalkan sejak usia dini. Usia TK dan PAUD merupakan usia yang paling tepat. Tentunya ini memerlukan bahasa dan pola pengajaran yang sesuai dengan usia mereka, sehingga mudah ditangkap dan dipahami dengan baik.

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman melalui Kasatlantas AKP Ricky Tri Dharma menuturkan, program Polisi Sahabat Anak merupakan upaya preemtif yang rutin dilaksanakan oleh jajarannya. Sedikitnya seminggu sekali pihaknya mengundang siswa sekolah PAUD dan TK untuk diberikan pemahaman tentang disiplin dan tertib berlalulintas.

“Berbeda dengan pelajar sekolah dasar atau menengah, pembelajaran bagi siswa PAUD dan TK harus menyenangkan dan sambil bermain. Kita sesuaikan dengan usia mereka. Ada metode-metode khusus yang sudah dikuasai oleh anggota khususnya Polwan,’’ ungkapnya.

Sementara menurut Unit Dikyasa Satlantas Iptu Agustyo, jiwa disiplin ketika sudah terpatri atau ditanamkan sejak usia dini, maka akan terus terbawa hingga kelak mereka dewasa. Dengan disiplin dan tertib berlalulintas akan berdapak pada keselamatan diri.

“Untuk itu Satlantas bersama dua anggota Polwan dengan telaten membimbing dan mengajak anak-anak untuk bermain di Huko sambil memperkenalkan metode kelas alam. Disela-sela waktu itulah, para Polwan menyampaikan materi tentang pengetahuan dasar berlalu lintas,’’ terangnya.

Dijelaskan, sedikitnya 60 orang siswa TK Dharma 3 Ngadirenggo diajak berkliling melihat panorama hutan dan belajar satwa yang menjadi koleksi taman wisata Huko. Didampingi Bripda Hanifah, Bripda Dyah Ayu dan Bripda Widyatama, anak-anak bisa berwisata bermain dan tertawa sekaligus belajar tentang alam dan satwa.

“Beberapa alat peraga pun kami siapkan, seperti rambu-rambu lalu lintas dan boneka mereka mainkan bahkan sampai gaya bercerita agar mudah diterima oleh anak-anak. Tak hanya itu, disiapkan hadiah menarik bagi anak-anak yang bisa menjawab kuis,’’ jelasnya.

Tak ayal, lanjutnya, tiap kali melempar pertanyaan anak-anak berebut untuk menjawab dan anak-anak terlihat sangat antusias. Para Polwan juga sangat mahir bagaimana agar mereka tidak bosan.

Reporter: Suparni PB

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.