Tanaman Unik Berbunga Batang Bambu

Mojokerto, Koran Memo – Sebuah tanaman di Kolam Segaran di Dusun Unggahan Desa / Kecamatan Trowulan, berbunga seperti batang bambu yang menjulang tinggi hingga sekitar 3,5 meter. Fenomena tidak biasa ini lantas menjadi tontonan warga yang sedang berkunjung di taman tersebut.

Tanaman di kolam segaran yang jadi tontonan warga (agung/memo)
Tanaman di kolam segaran yang jadi tontonan warga (agung/memo)

Pengamatan Koran Memo, tanaman mirip lidah buaya itu berada di sisi utara Kolam Segaran. Sejak beberapa hari terakhir, tanaman yang sudah ada di tempat tersebut sekitar 2 tahun lalu itu menyedot perhatian warga sekitar. Terlebih, muncul bunga yang menjulang tinggi tepat di baguan tengahnya. Munculnya bunga itu tidak seperti bunga pada umumnya.”Berbunganya pada Kamis (31/12) malam tahun baru kemarin. Selama 2 tahun berada di sini, baru kali ini tanaman ini berbunga,” kata Wiwik (31), warga Dusun Unggahan, kepada wartawan di lokasi, Selasa (5/1).

Masih kata Wiwik, ¬†dirinya sempat mendengar suara aneh saat bunga tersebut muncul. “Terdengar suara kratak-kratak sebelumnya. Paginya, saya lihat bunga ini sudah muncul dengan tinggi sekitar 2 meter saat itu,” tambah Wiwik.

Hanya berselang 5 hari kemudian, bunga tanaman itu sudah mencapai tinggi sekitar 3,5 meter. Warga sekitar pun dibikin penasaran dengan adanya fenomena langka ini. Tak sedikit warga yang melintas berhenti sejenak untuk sekedar melihat langsung dan memegang bunga tersebut. Sebagian warga juga berfoto dengan bunga aneh itu.

Menurut informasi yang ada,  tamanan yang tak banyak dikenal orang itu ditanamam oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Plt Kepala BPCB Trowulan Edhi Widodo mengatakan, tamanan yang bentuk dan daunnya mirip lidah buaya itu jenis Agave.

Edhi menjelaskan, Agave bukan tergolong tanaman langka. Hanya saja fenomena tanaman itu berbunga jarang sekali terjadi. Ketika mekar, bunga yang menjulang tinggi seperti batang bambu itu akan mengeluarkan mahkota yang lebih mirip helaian-helain di sepanjang batang bunga. “Berbunganya memang sangat jarang terjadi. Butuh waktu bertahun-tahun untuk berbunga,” jelas Edhi. (ag)

Follow Untuk Berita Up to Date