Tanah Retak: Puluhan KK Mengungsi, 6 RT Terancam Longsor

Ponorogo, koranmemo.com-Musibah tanah retak di Dusun Gembes Desa/Kecamatan Slahung semakin parah. Kondisi ini pun, membuat puluhan Kepala keluarga (KK) satu RT di wilayah ini terpaksa diungsikan, lantaran semakin melebarnya jangkuan rekahan tanah.

Dari data di Pemerintah Desa Slahung tercatat, musibah tanah retak ini membuat 17 rumah warga di RT 19 RW 02 Dusun Gembes mengalami keretakan di bagian dinding rumah. Merasa takut, 88 KK di wilayah ini memilih mengungsi  di 5 titik rumah warga yang tidak terdampak, sejak Rabu (7/3) lalu. Tidak hanya itu, musibah tanah retak di Dusun Gembes juga telah merobohkan rumah Saimin.

Kondisi ini pun membuat 6 RT yang dihuni 200 KK ini terancam longsoran tebing yang retak. Pasalnya, saat ini akibat retakan tanah sepanjang 1 kilometer ini, telah terjadi penurunan tanah sedalam 10 cm di beberapa titik. Tidak hanya itu, sumber mata air keruh juga bermunculan di kawasan ini.

Kepala Desa Slahung, Anik Setyowati mengatakan, pihaknya terpaksa mengungsikan puluhan KK lantaran kondisi yang semakin berbahaya. Pihaknya meminta Pemkab segera turun tangan untuk menangani kondisi tanah retak di Dusun Gembes.” Takut mas, tiap hari rekahannya tambah terus, tanahnya juga sudah turun. Terpaksa kami ungsikan takut longsor akan sewaktu-waktu,” ujarnya, Senin (12/3).

Diungkapkan, kondisi serupa juga terjadi di 10 RT di Dusun Bandungan Desa Slahung. Dikatakan, kondisi ini sebenarnya telah terjadi sejak 3 tahun lalu, namun kondisi terparah mulai dirasakan warga sejak seminggu lalu.”Di Dusun Bandungan itu juga sama mas, ada 10 RT yang terdampak itu kurang lebih 300 jiwa. Retakan tanah di wilayah ini seperti tapal kuda jadi melingkar,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kordinator Tagana Dinsos Ponorogo mengaku, belum bisa berbuat banyak untuk menangani kondisi tersebut. Saat ini pihaknya baru sebatas memberikan bantuan, dan tenda darurat untuk lokasi pengungsian warga terdampak.” Setelah menerima laporan dari desa, kami meluncur ke lokasi, ada beberapa bantuan dari Dinsos dan BPPBD yakni, Sembako dan perlengkapan makan,” pungkasnya.

Reporter : Zainul  Rohman
Editor : Achmad  Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date