Takut Dipenjara, Ini yang Dilakukan 99 Perwakilan Kades

Sidoarjo, koranmemo.com – Sebanyak 99 perwakilan Kepala Desa (Kades) dari 18 Kecamatan yang ada di Sidoarjo mendatangi penyuluhan terkait Pengawalan Dan Pengamanan Pengelolaan Keuangan Desa di Aula Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo. Rabu, (9/8/2017).

Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kabupaten Sidoarjo, Heru Sulthon mengungkapkan penyuluhan yang digelar di Kejaksaan Negeri Sidoarjo berasal dari ‘kegalauan’ para kepala desa terkait penggunaan dana desa yang semakin besar.

“Dananya banyak, dan pengelolaanya pun sudah terlalu banyak yang mengawasi,” ujar Heru Sulthon usai mengikuti penyuluhan tersebut.

Menurutnya, pembinaan dari pemerintah Kabupaten, biro hukum, maupun penegak hukum dibutuhkan saat ini karena latar belakang desa yang ada di Sidoarjo berbeda-beda. “Yang diperlukan saat ini adalah pembinaan yang masif dari pihak terkait,” jelasnya

Lebih lanjut Heru menjelaskan, ‘kegalauan’ ini tidak hanya untuk kades disini saja (Kab. Sidoarjo, red) melainkan di seluruh Indonesia bagaimana cara mengelola keuangan desa secara baik dan benar.

Dia berharap agar Kades – kades bisa bekerja secara maksimal. Tak perlu lagi takut dalam membelanjakan, membangun maupun mengelola keuangan desa yang ada.

Sementara itu,  Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, M. Sunarto menyambut baik para kades untuk meminta pengawalan terkait Pengelolaan Dana Desa. Pasalnya, banyak kasus yang menjerat kepala desa, lantaran mereka tidak paham bagaimana cara mengelola dana tersebut.

” Mereka datang dan meminta pencerahan kepada kami untuk menjelaskan bagaimana tatacara mengelola keuangan desa dengan baik dan benar,” ucap Sunarto.

Keuangan desa itu, lanjut Sunarto, meliputi Dana Desa, dana bansos, hibah, maupun dana bantuan khusus. Para kades ini tidak menginginkan jika menerima dana berhadapan dengan hukum.

“Terus terang, kami siap membantu mengarahkan, memberikan pencerahan, maupun mengamankan keuangan desa dari prosedur yang selama ini banyak disalahgunakan,” pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, M Sunarto, Kepala BPN Sidoarjo, Dalu Agung Darmawan, Kasi Intel, Andri Tri Wibowo, Kasi Datun, Komang Rai Warmawan, Kasubag Bin, Wahyu Wahono A.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.