Tak Ada Izin, Karaoke Suzana Disegel

Madiun, koranmemo.com-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Madiun menyegel Cafe dan Karaoke Suzana di Desa Ngepeh, Kecamatan Saradan, Senin (21/5). Pasalnya, karaoke tersebut tidak mengindahkan peringatan keras.

‘’Kami sudah beri peringatan dan kesempatan, tapi tidak mau mengurus izin. Akhirnya kami segel,’’ kata Kabid Penegak Produk Hukum Daerah Satpol PP Kabupaten Madiun Eko Budi Hastanto.Awalnya, tempat tersebut hanya restauran kemudian ditambahi dengan usaha karaoke. Kemudian, sejak satu tahun lalu telah diberi kesempatan oleh Satpol PP untuk mengurus izin usaha karaoke. Namun, SP-1 hingga SP-3 tak digubris oleh pengusaha terkait.

‘’Karena ada usaha karaoke, harus memiliki TDUP (tanda daftar usaha pariwisata). Hal ini sesuai Perda 6/2015 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan dan Perda 4/2017 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya kini terus memantau 13 tempat karaoke yang ada di Caruban. Sebab, sampai akhir bulan ini, baru tiga tempat karaoke yang berkasnya sudah sampai pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun. Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (disparpora) Kabupaten Madiun  Yudi Hartono tidak mempersoalkan Satpol PP menutup tempat karaoke tak berizin. ‘’Kalau (penutupan, red) itu terkait perizinan, tidak masalah. Karena pengusaha memiliki kewajiban,’’ ujarnya.

Reporter: Juremi

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date