Tahun Depan, Bupati Batasi Tonasi Truk Galian C

Ponorogo, koranmemo.com – Maraknya aktifitas truk galian-c di sejumlah wilayah Ponorogo, membuat Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni geram. Orang nomor satu di Kota Reog itu bakal melakukan pembatasan tonasi (muatan, red) truk galian-c mulai tahun depan.

Sikap tegas bupati ini dipicu, lantaran dari total jalan Kabupaten sepanjang 549, 6 kilometer hampir 54% jalan di Ponorogo telah rampung di aspal hotmix selama kurun waktu Tahun 2016-2017. Kebijakan pembatasan tonase diambil bupati untuk memperpanjang usia jalan milik kabupaten. Sesuai pasal 7 Undang-UndangNomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Jalan kabupaten masuk dalam kategori jalan lokal, dengan klasifikasi jalan kelas III C, sementara beban tonase terberat minimal hanya 8 ton.

”Mayoritas kendaraan truk galian-c ini mengangkut muatan lebih dari daya tampung beban jalan kita, sehingga jalan pasti akan cepat rusak,” ujarnya.

Bupati mengaku, tidak akan melakukan penghentian aktifitas pengangkutan truk, namun pihaknya akan melakukan penertiban dan pembatasan muatan bagi kendaraan yang tertangkap melakukan penambahan dimensi pada bak truk, hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan.

” Kalau kita hentikan pasti timbul gejolak. Jadi akan kita batasi muatanya, dan yang melakukan modifikasi dimensi kita tindak,” pungkasnya.

Reporter: Zainul Rohman

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.