Tahun 2020, Disdik Kota Kediri akan Bekukan SDN di Kelurahan Pojok

Kediri, koranmemo.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri tahun 2019 ini telah membekukan satu SDN lagi yang berada di Kelurahan Kampung Dalem Kecamatan/Kota Kediri. Meskipun belum terbit SK Wali Kota Kediri, namun proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 sudah ditutup.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri Siswanto. Dikatakan, tahun 2020 ada salah satu SDN di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto yang akan dibekukan.

Dikatakan, sejak tahun 2016 Disdik telah melakukan penggabungan 1 SD dan pembekuan 5 sekolah dasar (SD). Ini dilakukan untuk efisiensi dan efektifitas biaya operasional serta diharapkan dapat memaksimalkan sarana dan prasarana (sarpas) di sekolah.

Dijelaskan, memang ada SD yang dilakukan merger ataupun pembekuan sekolah lantaran proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dinilai belum sesuai dengan standar pendidikan. Seperti sistem pengelolaan, sasaran dan tujuan  pendidikan, serta sarpras yang memadai bagi guru maupun siswa.

Siswanto mengatakan, efisiensi KBM dapat dicapai jika warga sekolah terutaman guru dan siswa, sesuai dengan jumlah yang ditentukan. “Ini dilakukan untuk efektifitas, jadi guru bisa memberikan materi kepada siswa sesuai dengan harapan dan sesuai sasaran. Misalnya, jika sekolah masih belum sesuai kuota siswanya, tidak hanya mempengaruhi biaya operasional, tapi juga suasana KBM,” ucapnya, Senin (12/8).

Dari informasi yang diperoleh, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ada 3 SD Negeri yang dilakukan pembekuan dan 1 SD swasta yang digabung (merger). Untuk tahun 2016, ada satu SD di Kelurahan Pakelan Kecamatan/Kota Kediri yang dibekukan dengan Surat Keputusan (SK) Walikota Kediri Nomor 188.45/638/419.033/2018.

Di tahun 2017 tidak ada sekolah yang dibekukan ataupun digabung, tapi di tahun 2018 ada dua SD yang masing-masing berada di Kelurahan Semampir dan Kelurahan Kemasan Kecamatan/Kota Kediri yang dibekukan. Selain itu, ada 1 SD swasta yang dibekukan dengan SK Disdik Nomor 421.2/906/419.109/2018.

Masih di tahun yang sama, Disdik juga melakukan merger SD Swasta di Kecamatan/Kota Kediri, ini sesuai dengan SK Disdik Nomor 421.2/1693/419.109/2018. Dengan semikian, sebelumnya ada tiga lembaga di area yang sama, setelah SK diterbitkan dua lembaga bergabung ke satu lembaga lainnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor :  Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date