Tahun 2018 Soal UN Tidak Hanya Pilihan Ganda

Share this :

Jakarta, Koranmemo.com –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyatakan, Tahun 2018 materi soal Ujian nasional (UN) tidak hanya pilihan ganda tetapi juga mengisi jawaban atau pilihan yang tidak tunggal.

“ Pihaknya berupaya  untuk tahun depan soal UN tidak lagi pilihan ganda. Sehingga kita dapat mengukur level kognisi siswa lebih mendalam,” kata  Nizam Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud dalam konferensi pers di Jakarta.

Lanjut Nizam melalui soal UN yang tidak hanya pilihan ganda , dapat mengukur ketuntasan belajar siswa , diakuinya saat ini guru juga siswa tidak menyadari sepenuhnya UN dapat mengukur ketuntasan siswa.

Kemendikbud juga menjelaskan jumlah satuan pendidikan yang mengikuti UNBK jenjang tingkat SMP sebanyak 8.879 SMP, 1.970 MTs, 198 SMP terbuka, 693 PKBM dan UNBK SMP diikuti 1.349.744 siswa. Sementara Peserta UN jenjang SMP yang dilayani dengan kertas dan pensil (UNKP) sebanyak 2.855.633 siswa.

Untuk Tahun ini Indeks Integritas UN (IIUN) meningkat sebesar 8.31 poin tetapi untuk nilai rata- rata UN SMP mengalami penurunan sebanyak 4,36 point dan pelaksanaan UN SMP. Pada tahun ini isu tentang kebocoran soal dan kecurangan pelaksanaan UN cenderung sepi.

Dari Berbagai Sumber

Editor: Bambang Iswahyudi

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz