Tahun 2017, Sebanyak 212 Nyawa Melayang Akibat Kecelakaan

Share this :

Jombang, koranmemo.com-Satuan Lalu Lintas Polres Jombang mencatat selama tahun 2017 terjadi 1.110 peristiwa kecelakaan. Dari jumlah tersebut menyebabkan 212 nyawa melayang. Namun jumlah ini menurun dibanding tahun 2016.

Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto saat menggelar rilis akhir tahun di gedung Graha Bakti Bhayangkara (GBB) mapolres setempat, Sabtu (30/12) mengatakan, untuk tahun 2016 ada 1.186 peristiwa kecelakaan dengan korban jiwa sebanyak 226 orang.

Sedangkan untuk kategori korban luka berat akibat kecelakaan sepanjang tahun 2017, sebanyak tiga orang. Jumlah korban luka berat mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya. Sebab pada tahun 2016 korban luka berat nihil.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana mengungkapkan, faktor yang mendominasi terjadinya kecelakaan selama tahun 2017, 80 persen karena faktor kelalaian manusia.

“80 persen kecelakaan didominasi faktor kelalaian manusia. Seperti memaksakan diri mendahului truk gandeng dari sisi kiri, memaksakan mendahului kendaraan di depannya tetapi kurang memperhitungkan jarak dengan kendaraan yang datang dari arah berlawanan dan sebagainya,” bebernya melalui pesan selulernya, Senin (1/1).

Ditambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai macam upaya untuk menekan terjadinya kecelakaan.“Salah satunya kami juga memasang Monumen Kecelakaan di beberapa ruas jalur tengkorak atau black spot di Kabupaten Jombang. Harapannya pengendara agar lebih berhati-hati dan tetap mematuhi rambu-rambu yang ada demi keselamatan diri sendiri maupun pihak lain,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

 

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz