Tahun 2017, Sebanyak 1.590 TKI Siap Berangkat ke Luar Negeri

Trenggalek, koranmemo.com – Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten TrenggaleK per Desember 2017 mencatat sebanyak 1590 tenaga kerja indonesia (TKI) yang mencari kerja ke luar negeri.

Dari jumlah keseluruhan merupakan TKI Mandiri yang tersebar di 9 negara tujuan yang paling banyak 769 TKI , ke negara tujuan Taiwan. Serta jumlah tamatan terbanyak dari lulusan SMP sebanyak 724 pekerja sedangkan TKI masih didominasi TKI informal perempuan sejumlah 1107 pekerja.

Suparman Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi di  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Trenggalek menyampaikan untuk registrasi berdasarkan tamatan Diploma sebanyak 10 pekerja, SD 322 pekerja, SMK 114 pekerja, SMP 724 pekerja, SMU 417 pekerja, Sarjana 2 pekerja dan tidak sekolah ada 1 pekerja.

Dalam proses TKI yang terdaftar kita upayakan penyampaian prosedur penempatan TKI yang benar. Selain itu juga bekerajsama dengan LP3TKI, UPT3TKI untuk mengantisipasi permasalahan yang nanti akan timbul.

“Saat ini seleksi kita perketat mulai dari seleksi dokumen hingga pernyataan dari pihak keluarga,” jelasnya.

Pengetatan seleksi ketika pengajuan tersebut demi berupa pernyataan keluarga yang membenarkan. Misalkan ketika calon TKI mempunyai anak, anak tersebut akan dititipkan kepada siapa hingga informasi dari suami atau istri.

“Jangan sampai ketika TKI berangkat ternyata hanya sebagai pelampiasan saat ada permasalahan dirumah. Cekcok dengan suami atau istri hingga saat berangkat suami atau istri tidak mengetahui,” ungkapnya.

Masih menurut Suparman yang kita terus ingatkan adalah izin keluarga dan informasi PT yang akan diikuti sudah resmi dan tidak ada permasalahan. Untuk memonitoring PT yang bermasalah atau tidak kami juga bekerjasama dengan BNP2TKI hingga kementrian.

“Diharapkan masyarakat bisa berhati-hati untuk mencari PT yang mengantarkan TKI ke luar negeri. Selain itu juga asah kemampuan bahasa yang baik agar mempermudah pekerjaan nantinya,” pungkasnya

Reporter : Rudi Yuniriyanto

Editor : Hamzah Abdillah

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.