Sungai Jatipelem Dipenuhi Busa, Apa Yang Terjadi ?

Jombang, koranmemo.comHingga Selasa (8/1) pagi, sungai di Desa Jatipelem Kecamatan Diwek masih dikerumuni warga setempat. Sungai mendadak jadi tontonan lantaran dipenuhi busa setinggi tidak kurang dari 5 meter sejak Senin (7/1) malam. Kepolisian setempat turun tangan untuk menghimpun keterangan warga.

“Dari keterangan warga sekitar, gelembung-gelembung (busa) muncul setelah hujan melanda Senin (7/1) sekitar pukul 5 sore (17.00 WIB),” kata Ipda Slamet Haryono, Kanit Sabhara Polsek Diwek, Selasa (8/1).

Guna memastikan keamanan, lanjut Haryono, pihaknya mengambil sampel air busa untuk dibawa ke mapolsek. “Nantinya sampel akan diuji di Laboratorium Forensik Surabaya untuk mengetahui kandungannya,” sambung Haryono.

Sukoyo (46) salah satu warga setempat menambahkan, sebelum muncul busa, daerah setempat dilanda hujan lebat Senin (7/1) sekitar pukul 17.00 WIB. Tak lama kemudian, muncul busa yang terus membesar sampai menutup permukaan sungai. “Busa jadi tontonan warga sejak semalam. Baunya wangi seperti sabun,” ujarnya.

Masih menurut Sukoyo, sungai yang dipenuhi busa ini berada di wilayah Dusun Dukuhan Desa Jatipelem Kecamatan Diwek. “Kami juga tidak tahu dari mana asal busa ini,” pungkasnya.

Sementara, sejak semalam warga telah mendatangkan pompa air dengan maksud untuk menyiram busa agar larut dan mengalir dengan aliran sungai. Hanya saja, busa tetap muncul memenuhi permukaan sungai.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date