Sudah 2 Periode Menjabat, PPK PPS Bisa Diangkat Lagi

Jombang, koranmemo.comPerekrutan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah lama berakhir. Jumlah PPS dan PPK Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang tercatat ada 105 PPK dan 918 PPS.

Hanya saja, belum lama ini, jumlah PPK PPS menjadi berkurang karena ada yang mengundurkan diri, dan meninggal dunia sebelum dilantik.

Menanggapi ini, Muchamad Fatoni, Komisioner KPU Jombang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat mengatakan, pihaknya kini punya solusi lain jika terjadi pengurangan anggota PPK PPS. Karena KPU RI sudah menurunkan surat edaran baru yakni SE nomor 643/PP/05.3-SD/01KPU/X/2017 yang berbunyi anggota PPK PPS yang sudah menjabat dua periode dapat diangkat kembali dengan ketentuan.

”Sekarang ada SE KPU RI baru. Jadi yang kurang itu tinggal kita angkat berdasarkan peringkat di bawahnya,’’ kata Fatoni, Jumat (17/11).

Dijelaskan, bagi PPK PPS yang sudah menjabat dua periode sebenarnya dilarang untuk ikut seleksi lagi. Demikian disampaikan pada SE sebelumnya, nomor 183 menyebutkan anggota PPK PPS yang pernah menjabat pada periode 2005-2009 dan periode 2010-2014 tidak diperbolehkan mengikuti seleksi lagi. Tapi SE baru turun, dan merevisi aturan tersebut.

”Kebetulan di Jombang sendiri tidak ada pemilu pada periode 2015-2018. Sehingga PPK PPS yang mengikuti sejak periode 2005-2009, masih terhitung satu periode, karena di SE tersebut atruan periode dimulai periode 2010-2014,’’ ungkap Fatoni.

Secara otomatis, lanjut Fatoni, sejak diketahui jumlah PPK PPS berkurang pihaknya langsung mengisi jumlah anggota yang berkurang. “Kita sudah proses pengisian ulang,’’ ujarnya.

Masih menurut Fatoni, anggota PPK PPS yang terpilih itu akan dilantik 22-23 November nanti. Selanjutnya mereka akan bertugas membentuk KPPS pada Mei-Juni 2018 yang akan datang.  “Untuk KPPS baru kita bentuk pada Mei-Juni mendekati Pilkada nanti,’’ pungkasnya.

Sekedar diketahui, pembukaan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS) KPU Jombang dibuka pada Rabu (12/10) dan ditutup pada Sabtu (21/10).

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.