Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Eko Patrio Ajak Warga Jaga Kedaulatan Pangan

Kediri, koranmemo.com – Eko Hendro Purnomo, Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) kepada pada warga Desa Kedungombo Kecamatan Tanjung Anom Kabupaten Nganjuk, Minggu (03/02/2019). Pada kesempatan itu pria yang akrab disapa Eko Patrio ini mengajak warga yang hadir mayoritas para petani itu untuk menjaga kedaulatan pangan dengan meningkatkan produktifitas hasil olahan lahan pertanian.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 150 warga yang terdiri dari masyarakat dan tokoh masyarakat Desa Kedungombo, para petani yang tergabung dalam Poktan/ Gapoktan, pengurus Takmir Masjid dan Musala serta beberapa anggota DPRD Kabupaten Nganjuk.

Mas Eko begitu warga sering memanggil Eko Hendro Purnomo mengatakan, sosialisasi 4 pilar merupakan program MPR RI yang diagendakan sebanyak 6 kali di daerah pemilihan masing-masing anggota MPR RI, yang bertujuan untuk memasyarakatkan kembali 4 Pilar Kebangsaan yang sudah mulai terlupakan.

“Sebagai warga negara dalam berkehidupan bernegara, kita wajib taat dan mengerti kepada dasar-dasar negara, yaitu empat pilar kebangsaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mas Eko menjelaskan, 4 pilar Kebangsaan yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NKRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Komisi 4 Dapil Jatim VIII ini berpesan kepada warga untuk turut serta menjaga keutuhan NKRI. Salah satu caranya adalah, merawat lahan pertanian yang sudah ada dengan baik demi menjaga kedaulatan pangan sehingga bangsa Indonesia semakin mandiri.

“Lahan pertanian tetap dijaga, dirawat dan ditanam dengan tanaman yang tepat. Beberapa bantuan alat pra dan pasca panen yang sudah disalurkan kepada masyarakat, saya harap bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa menunjang hasil lahan pertanian masyarakat,” tandas Eko Hendro Purnomo.(*)

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date