Sistem Bermasalah, Siswa Khawatir Terus Terjadi Gangguan

Kediri, Koran Memo – Hari pertama Ujian Nasional Computer Based Test (UN-CBT) untuk tingkat SMK di Kota Kediri mengalami kendala. Lantaran harus menyinkronkan data dengan pusat, UN-CBT sesi kedua yang seharusnya dimulai sekitar pukul 10.30 WIB harus molor hingga pukul 12.30 WIB.

Tampak beberapa siswa sedang berkonsentrasi mengerjakan soal Unas Online (yudha koran memo)
Tampak beberapa siswa sedang berkonsentrasi mengerjakan soal Unas Online (yudha koran memo)

Molornya penyelenggaraan UN-CBT tersebut salah satunya terjadi di SMKN 2 Kediri. Kepala SMKN 2 Kediri, Mashari Krisna Edy mengatakan saat mengetahui adanya masalah tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak pusat. Hasilnya, sesuai petunjuk sekolah penyelenggara diharuskan untuk melakukan sinkronisasi data dengan pusat yang kemudian membuat jadwal UN-CBT sesi 2 diundur. “Ini karena kita harus melakukan sinkronisasi data dengan pusat. Jadinya diundur,” ujarnya.

Peserta UN-CBT sesi 2 akhirnya mau tidak mau harus menunggu giliran masuk ruang ujian. Mereka yang seluruhnya tiba di sekolah sekitar pukul 10.00 WIB akhirnya terpaksa berdiam diri di sekolah sambil membaca materi pelajaran yang akan diujikan.

Pamanna Yoga, salah satu siswa SMKN 2 Kediri yang saat itu menunggu di sudut sekolah bersama teman-temannya mengatakan, ia terpaksa harus menunggu ujian dimulai di sekolah. Karena, apabila ia menyempatkan diri untuk pulang, maka akan tidak efisien. “Karena diundur, terpaksa menunggu sambil belajar,” ujarnya.

Selain itu, Yoga juga mengaku khawatir untuk mengerjakan UN-CBT. Dengan adanya berbagai masalah ia sedikit takut apabila nanti pada saat mengerjakan soal, ada lagi permasalahan terknis yang ia dan teman-temannya hadapi.(kur)

Follow Untuk Berita Up to Date