Simulasi UNBK Pertama, Guru Wajib Ikut Jadi Peserta

Kediri, koranmemo.com – Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahap pertama tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat akan dilakukan minggu depan. Uniknya, tidak hanya siswa yang mengerjakan soal-soal itu melainkan para guru juga dituntut untuk ikut sebagai peserta ujian.

Simulasi UNBK tahap pertama SMA/SMK di Kediri akan dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 11 Desember hingga 13 Desember 2018. Kasi Pendidikan SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kediri, Sidik Purnomo mengatakan, pada simulasi tersebut berbeda dengan tahun–tahun sebelumnya.

Selain perkembangan soal yang lebih sulit, para guru juga diwajibkan ikut menjadi peserta untuk menyelesaikan soal-soal UNBK.“Simulasi kini tidak hanya siswa yang jadi peserta tapi juga para gurunya. Ini dilakukan agar para guru melihat dan mengukur seperti apa kerumitan soal-soal UNBK khususnya dengan adanya soal higher order thinking skill (HOTS) itu. Nanti waktu memberikan soal di kelas sudah bisa mengira-ngira, seperti ini kemungkinan soal yang akan keluar pada ujian nasional nanti,” ujarnya, Jumat (7/12).

Untuk menjadi peserta, para guru juga harus memiliki nomor id dan password agar bisa masuk dalam soal yang diberikan. Para guru memilih mata pelajaran yang mereka ajarkan di kelas. “Misalnya guru si A ini mengajar Matematika, dia nantinya juga ikut jadi peserta di soal itu. Semuanya sudah terdaftar bahkan mereka juga terbagi dalam session yang sudah ditentukan oleh sistem UNBK,” ujar Sidik.

Sidik menambahkan, soal-soal simulasi UNBK dibuat langsung oleh Pusat Peneletian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dijadwalkan seluruh siswa SMA se Indonesia akan bersamaan mengerjakan soal tersebut dihari yang sama. “Kandungan soalnya kemungkinan sama persis seperti UNBK, ada soal low order thinking skill (LOTS), medium order thinking skill (MOTS), dan HOTS,” tandasnya.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date