Simpan Pil Dobel L, Pengedar Diamankan

Kediri, koranmemo.com — Petugas Satreskoba Polres Kediri Kota, menangkap pemuda warga Jalan Tosaren II/30 RT 16/RW 06 Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri, yang sekarang dalam proses penyelidikan, Jumat (17/5).

Diketahui pemuda tersebut bernama Galang Tunggal Pramesti (22), yang menyimpan 878 butir pil dobel L di salah satu rumah kost yang berada di Kelurahan Pakunden Gang I Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Kasubbag Humas Polres Kediri Kota, AKP Kamsudi mengatakan, petugas menangkap tersangka saat berada di rumah kos pada hari Kamis (16/5) sekitar pukul 15.30 WIB. Penangkapan tersebut, berawal dari informasi yang diperoleh petugas, karena di rumah kos ini sering ada orang asing yang datang.

“Merasa ada gerak gerik yang mencurigakan, akhirnya petugas yang mendapat laporan tersebut melakukan pemeriksaan terhadap terlapor,” jelasnya, saat ditemui koranmemo.com.

Petugas yang melakukan penggeledahan, sempat kewalahan, ternyata obat keras tersebut disimpan di bawah kompor yang berada di bagian dapur. Setelah dihitung, setidaknya dalam bungkus plastik terdapat 878 butir pil dobel L. Selain itu, petugas juga menemukan barang bukti lain berupa plastik klip yang digunakan terlapor sebagai tempat pil.

Selain itu, petugas menyita telepon genggam yang digunakan untuk transaksi, serta uang tunai Rp 150.000 yang diakui terlapor adalah hasil penjualan pil dobel L. “Semua barang bukti sudah diamankan, petugas juga masih melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ucapnya.

Dikatakan, terlapor diduga melakukan tindak pidana, karena dinilai tanpa keahlian dan kewenangan melakukan pekerjaan kefarmasian. Pasalnya mengedarkan produk farmasi berupa obat jenis pil dobel L yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, khasiat, maupun kemanfaatan dan mutu sesuai dalam rumusan Pasal 196 jo pasal 98 ayat (2) UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date