Simpan Bubuk Petasan, Pemuda Diamankan

Kediri, Koranmemo.com — TH (20), warga Jalan Balowerti Kelurahan Balowerti Kecamatan Kediri Kota, harus berurusan dengan petugas Polsek Kediri Kota, lantaran menyimpan bubuk petasan dan membuat petasan berbagai ukuran.

Padahal, jika seseorang tanpa hak menerima, menguasai, mempunyai, dan menyimpan bahan peledak, serta membuat mercon (petasan) tanpa ijin, dinilai melanggar Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951.

Sebelumnya, petugas mendapat informasi mengenai salah satu warga yang membuat petasan di rumah. Setelah petugas melakukan pemeriksaan, pada hari Sabtu (25/5) ternyata terlapor sedang membuat petasan di rumah yang berada di Jalan Balowerti Kelurahan Balowerti Kecamatan Kediri Kota.

“Dari situ, petugas juga menemukan beberapa bungkus bubuk petasan dan bungkus petasan,” ucap Kasubbag Humas Polres Kediri Kota, AKP Kamsudi, Minggu (26/5).

Bubuk tersebut disimpan dalam tas rangsel warna hitam yang berisi 9 bungkus plastik dengan berat tiap plastik 0,5 kilogram, dan satu toples plastik berisi bubuk petasan dengan berat 0,5 kilogram. Selain bubuk petasan, petugas juga menemukan 10 petasan dengan diameter 25 sentimeter dan 124 petasan dengan diameter 18 sentimeter siap pakai.

Tidak hanya itu, petugas juga menemukan 18 petasan lain yang belum jadi, satu sak warna putih berisi kertas bekas bahan pembungkus petasan, gunting kecil untuk memotong kertas, tiga kaleng kecil lem kertas, satu roll solasi bening.

Barang-barang tersebut disita untuk dijadikan barang bukti, dan tidak terkecuali tiga sumbu petasan yang belum dipotong, dengan panjang masing-masing sumbu antara 14 sentimeter sampai 15 sentimeter.

Akibat perbuatannya tersebut, petugas melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menjalankan proses hukum yang berlaku. Kegiatan seperti ini, dikhawatirkan akan mengakibatkan bencana jika pengrajin (pembuat) petasn tidak memiliki izin.

Ini lantaran, meskipun tidak ada percikan api, jika bubuk petasan terlalu padat saat dimampatkan dan terjadi gesekan, dapat menimbulkan ledakan. Jika dalam satu ruangan ada ratusan petasan, ini dapat menimbulkan daya ledak yang cukup besar. Selain itu, untuk meminimalisir penyalahgunaan bubuk petasan yang termasuk bahan peledak sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date