Sidoarjo Raih Penghargaan Diklat Award 2018 Terbaik se-Jatim dan Kabupaten Ramah Lansia

Sidoarjo, koranmemo.com – Dihari jadi pemerintah Provinsi Jawa Timur ke 73, pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendapatkan kado berupa penghargaan Diklat Award 2018 sebagai Kabupaten Terbaik se Jawa Timur dalam Penyelenggaraan Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) oleh Badan Diklat Provinsi Jawa Timur.

Kesempatan tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo usai pelaksanaan upacara hari jadi provinsi Jawa Timur ke 73 di halaman gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jum’at, (12/10).

Selain menerima penghargaan sebagai penyelenggara diklat terbaik, kabupaten Sidoarjo juga menerima penghargaan sebagai kabupaten ramah bagi lanjut usia (Lansia) peringkat ke III. Kedua penghargaan diterima sendiri oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyampaikan, ucapan selamat kepada para kepala daerah yang menerima penghargaan, Soekarwo minta kepada bupati/wali kota agar bersama-sama menjaga jawa timur yang sudah aman dan kondusif ini tetap dipertahankan.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah usai menerima penghargaan mengatakan bahwa pembinaan pegawai yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo sudah baik sekali, terbukti dengan diterimanya penghargaan Badan Diklat Award 2018 dari Gubernur Jawa Timur.

“Balai diklat yang dimiliki Pemkab Sidoarjo tempatnya sangat memadai, gedungnya sudah cukup luas yang berlokasi dekat jalan raya dan sudah dilengkapi dengan system komputerisasi, dan penempatan pegawai yang sesuai dengan kompetensinya,” ujar Saiful Ilah.

Sedangkan untuk mewujudkan Sidoarjo menjadi kabupaten ramah lansia, dinas Sosial Pemkab Sidoarjo dengan memberikan dukungan fasilitas berupa tempat berkumpulnya para lansia. Melalui Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Sidoarjo para lansia akan mendapatkan pendampingan dalam menjaga kesehatannya.

Lansia dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan dalam pembangunan kesehatan. Angka usia harapan hidup yang tinggi pada suatu daerah adalah parameternya. Angka usia harapan hidup juga dapat menunjukkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya.

“Angka usia harapan hidup di Kabupaten Sidoarjo sangat baik. Bahkan sudah di atas rata-rata nasional. Angka usia harapan hidup di Kabupaten Sidoarjo rata-rata 70 tahun, sedangkan angka nasional 68 tahun,” terang Saiful Ilah

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo Sri Witarsih mengatakan, dukungan penuh dari Bupati Sidoarjo dalam mengembangkan diklat kepegawaian menjadi tolak ukur keberhasilan bidang diklat BKD Sidoarjo hingga mendapatkan penghargaan dari propinsi jawa timur.

Dukungan mulai dari anggaran, sarana dan prasarana hingga terbitnya surat keputusan bupati nomor 188/35/2016 tentang pelaksanaan Unit Training Of Competence (UTC) bagi seluruh pegawai di lingkungan pemkab Sidoarjo.

Sri Witarsih juga menyampaikan, tujuan dari dibentuknya UNIT TRAINING OF COMPETENCE adalah satu unit pelatihan dalam waktu relatif singkat dengan tujuan untuk membangun kompetensi PNS dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu sehingga mampu menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien.

“Meningkatkan kompetensi staf pada tugas-tugas tertentu sesuai dengan kebutuhan organisasi. Meminimalisir biaya dalam peningkatan kompetensi staf dengan hasil efektif dan efisien,” katanya.

Ia juga menambahkan, dengan waktu yang relatif singkat, 2 (dua) jam setiap hari, maka UTC relatif tidak mengganggu tugas pokok staf. Karena kebutuhan dari organisasi bisa menyelenggarakan diklat secara bersama dalam topik dan kelas yang berbeda.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date