Sidak Pasar Jelang Puasa, Temukan Sejumlah Pedagang Nakal

Share this :
Kediri, Koranmemo.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bersama dengan Tim Pemantau dan Pengendalian Inflasi Daerah ( TPID) Kota Kediri menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) di dua pasar tradisional di Kota Kediri, Jumat (19/5). Sidak di Pasar Setono Betek dan Pasar Pahing Kota Kediri itu dilakukan sebagai antisipasi melambungnya harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa.
Dalam Sidak yang dilakukan tim TPID Kota Kediri di Pasar Setono Betek Kota Kediri petugas menemukan sejumlah pedagang nakal yang memainkan berat timbangan.
 Menindaklanjuti hal itu, petugas segera mengambiltindakan untuk pengkalibrasian ulang alat timbangan yang dinilai merugikan konsumen.
Selain itu, petugas juga menemukan beberapa komoditi yang dijual melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Kementrian Perdagangan.
“Sudah kami berikan himbauan dan tindakan untuk menjual harga sesuai HET untuk tiga komoditi yang telah ditetapkan,”ujar Yetty Sisworini, Kepala Disperdagin Kota Kediri.
Sementara, menurut Wakil Walikota (Wawali) Kediri Lilik Muhibbah, usai dilakukan pemantauan di lapangan, saat ini harga kebutuhan pokok belum melambung tinggi. Dia menyebut ada beberapa komoditi yang cenderung merangkak naik. “Namun naiknya tidak terlalu tinggi dan masih bisa dikendalikan,”kata Ning Lik panggilan akrab Wawali Kediri Lilik Muhibbah.
Disinggung upaya yang diambil Pemerintah Kota (Pemkot) untuk mengantisipasi terjadinya inflasi menjelang bulan puasa, dia mengatakan dalam waktu dekat ini akan menggelar Operasi Pasar Murni (OPM) di 46 kelurahan di tiga kecamatan yang ada di Kota Kediri. “Dalam waktu dekat ini, Pemkot melalui Disperdagin akan segera menggelar OPM mulai 29 Mei mendatang selama 15 hari,”pungkasnya.
Reporter: Angga Prasetya
Editor: Achmad Saichu
Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *