Sidak Parcel, Temukan Kemasan Makanan Tak Layak

Kediri, koranmemo.com – Tim pengendali inflasi daerah (TPID) Kota Kediri menggelar inspeksi mendadak (sidak) di dua tempat perbelanjaan modern di Kota Kediri. Meskipun tidak ada temuan makanan dan minuman (mamin) berbahaya, namun petugas menemukan sejumlah kemasan makanan yang tak layak, seperti kemasan kaleng roti yang penyok.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri, Yetty Sisworini,  mengatakan, dia sudah meminta pelaku usaha untuk segera menggantinya dengan kemasan yang layak. “Kami mengimbau kepada pelaku usaha untuk mengundurkan barang yang tidak layak untuk dijual,” jelasnya, saat menggelar sidak di Hypermart Kota Kediri, Selasa (5/6).

Dia menduga, adanya kaleng yang tidak sesuai standar itu disebabkan karena proses distribusi saat pengiriman. Namun sejauh ini, Yetty mengaku belum ada temuan terkait parcel yang  tidak sesuai standar. “Komoditi roti yang kaleng agak penyok, itu mungkin saat pendistribusian cara peletakannya yang tidak aman. Mungkin kebanting, kepepet, atau kepencet, satu dengan yang lainnya,” kata Yetty, ketika mengambil kaleng roti itu, saat hendak memeriksa kemasan parcel.

Kendati belum menemukan unsur pelanggaran, disperdagin akan terus meningkatkan pengawasan untuk mengantisipasi adanya parcel yang tidak layak konsumsi beredar menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H. “Alhamdulillah untuk parcel tidak ditemukan barang-barang yang tidak kita inginkan dan layak semua untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Sandra Kariyana, Store General Manajer Hypermart Kota Kediri mengaku akan segera mengganti produk yang dimaksud dengan yang baru. Selain itu, pihaknya juga akan memenuhi seluruh rekomendasi berdasarkan hasil sidak TPID Kota Kediri. “Untuk produk yang dimaksud, kami akan segera mengganti dengan yang baru,” ujarnya saat di temui usai sidak.

Untuk diketahui, sidak parcel itu dilakukan untuk memeriksa kelayakan konsumsi seiring meningkatnya pelaku usaha parcel. Sidak itu diantaranya meliputi pemeriksaan masa konsumsi atau kadaluarsa, kemasan makanan, dan sejumlah kelayakan konsumsi lainnya.

Tak hanya menyisir disejumlah pusat perbelanjaan modern, TPID juga meningkatkan pengawasan di pasar tradisional maupun di toko-toko yang menjual parcel lainnya.

Reporter : Angga Prasetya

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date