Siapkan Relokasi Nelayan Pendatang  ke Rusunawa

Trenggalek, koranmemo.com-Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin sambangi warga Kampung Baru Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Maksud Wakil Bupati menemui perwakilan warga Kampung Baru ini, untuk mensosialisasikan kepada warga niatan pemerintah merelokasi warga pendatang yang mayoritas berprofesi nelayan ini ke Rumah Susun Sederhana (Rusunawa) yang telah dibangun untuk mempersiapkan proyeksi Kota Baru Maritim Prigi.

Kedatangan Wabup termuda untuk mendengarkan keluh kesah atau kemauan warga Kampung Baru agar sistem tata kelola Rusunawa ini nantinya dapat sesuai dengan kebutuhan para warga dan  juga sesuai dengan mekanisme peraturan yang ada.

Menurut salah satu perwakilan warga yang hadir di Balai Desa Tasikmadu Jum’at (7/7) itu, mereka sadar bahwasanya rumah kediaman mereka berdiri di atas tanah milik pemerintah dan paham bila mereka tidak mempunyai hak untuk memilikinya. Namun diharapkan oleh warga tetap adanya perlindungan dan pengayoman pemerintah terhadap masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Arifin, menjelaskan tujuannya untuk berkomunikasi dengan mereka.
“Sebelum perda pengelolaan rusunawa ini disahkan, kita dengarkan dulu kata mereka,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Pemegang Rekor Muri sebagai wabup termuda se Indonesia ini,untuk bangunan yang sudah berdiri di Kampung Baru tentunya pemerintah tidak bisa memberikan ganti rugi.

“Mungkin nantinya bisa kita bicarakan seperti halnya pembebasan kompensasi untuk biaya pemeliharaan rusunawa ini,” imbuhnya.

Ditegaskannya, disini pemerintah tidak mencari pembenaran melainkan mencari solusi terbaik bagi masyarakat. Tidak bisa pemerintah benar tetapi merasa benar sendiri terus serta merta langsung menertibkan.

“Masyarakat pun sama dan tidak bisa langsung disalahkan dan bisa ditertibkan tanpa memberikan kesempatan kepada mereka. Kita cari solusi terbaik,” tandasnya.

Dalam kunjungannya, wabup didampingi Kabag Protokol dan Rumah Tangga Setda, Drs. ST. Triadi Admono, M.Si dan Kabid Permukiman Ir. Imam Suhudi.

Penulis : Putut Purbantara
Editor   : Hamzah Abdillah

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.