Seni Tato Bagian Budaya Suku Suku Di Indonesia

Jakarta, Koranmemo.com – Tato tidak hanya sebuah karya seni yang menghias di tubuh, namun juga sebagai wahana identitas. Tato mempunyai sejarah dalam identitas dalam perkembangan budaya khususnya suku-suku di Indonesia. Suku-suku di Indonesia juga mempunyai kas seni yang tertuang dalam tubuh mereka.

Beberapa suku di Indonesia yang memiliki budaya tato, adalah

Suku Dayak
Seni rajah tubuh di suku Dayak merupakan seni tato sebagai bagian ritual tradisional yang memiliki kaitan dengan peribadatan, kesenian dan pengayauan juga sebagai tanda status sosial bagi identitas kelompoknya.
Pada umumnya ukiran pertama kali tato ini di buat terletak pada bagian bahu, tangan, kaki dan perut bahkan ada yang membuatnya di seluruh tubuh.Di kalimantan yang juga memiliki tradisi seni bertato ada beberapa suku seperti, Suku Dayak Iban, Suku Dayak Tanjung, Suku Dayak Taman, Suku Dayak Daratan, Suku Dayak Kenyah dan Suku Dayak Kayan.
Dalam Budaya orang orang Dayak seni Tato ada kastanya, tato diukir di leher biasanya memiliki kedudukan seperti timanggong dan panglima, Untuk jenis tato bunga terong untuk tingkatan pangkat bagi masyarakat Suku Dayak.

Kemudian, ada tato kelingai yang melambangkan binatang yang hidup di lubang, biasanya di ukir pada bagian paha dan betis. Tato ini mengartikan bahwa hidup kita tidak pernah terlepas dari alam.

Suku Mentawai
Suku Mentawai yang mendiami daerah kepulauan Mentawai Sumatra Barat ini seni tato mereka adalah seni rajah tubuh tertua di dunia dan lebih tua dari tato Mesir. Suku Mentawai memiliki tradisi mentato tubuhnya sendiri dengan motif-motif khusus dan tidak sembarangan yang disebut dengan istilah “Titi”.

Bagi orang yang pandai membuat tato, mereka sebut dengan nama “Sipatiti” atau “Sipaniti”, dimana jenis tato yang tertilah orang orang suku mentawai mempunyai makna atau simbul keseimbangan alam dan keindahan serta sebagai balas jasa yang diberikan kepada Sipatiti.

Untuk Suku Mentawai motif tato mereka banyak berkutat gambar batu, hewan, tumbuhan,busur, mata kail, duri rotan, tempat sagtu sampai binatan ternak.Seni tato Suku Mentawai saat ini masih banyak ditemui di Desa Madobak, Ugai dan Matotonan yang berada di huluSungai Siberut Selatan, Pulau Siberut, Kepulaun Mentawai Sumtra Utara.

Suku Moi
Suku Moi orang orang yang mendiami di dearah kabupaten Sorong, Papua Barat. Seni Tato yang dimiliki Suku Moi sudah ada sejak zaman Neolitikum. Kebanyakan motif tato mereka geomatris dan garis garis melingkar yang disertai dengan titik titik berbentuk segitiga kerucut atau tridiagonal.

Untuk orang orang Suku Moi bagian tubuh mereka yang di rajah adalah dada, Pipi, kelopak mata, betis,pinggul dan punggung. Hanya sekarang seni tato bagi di generasi muda Suku Moi dianggap kuno dengan masuknya era modernisasi.

Editor Bambang Iswahyoedhi

Follow Untuk Berita Up to Date