Seminar Nasional “Menyambung Tali Sejarah Melalui Tokoh Arya Wiraraja”

Lumajang, koranmemo.com – Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntara Supriyanto, M. Kes., ketika membuka Seminar Nasional bertajuk “Menyambung Tali Sejarah Melalui Tokoh Arya Wiraraja” di Pendopo Kabupaten, Sabtu (24/03). Dalam kesempatan tersebut Bupati berpesan Jangan melupakan sejarah (Jas Merah), karena sejarah membawa manusia lebih berbudaya dan bijaksana.

Acara ini merupakan kerjasama antara Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana Bali dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Plt. Bupati mengaapresiasi diselenggarakannya Seminar Nasional tersebut.

Menurutnya, seminar itu, adalah sebagai salah satu perwujudan peningkatan kepedulian terhadap sejarah bangsa. “Jiwa kita bangun kembali, jangan melupakan sejarah, karena sejarah membawa kita lebih berbudaya dan lebih bijaksana. Mari menelusuri dan meneladani tokoh Arya Wiraraja, peduli sejarah agar tidak kehilangan jati diri, agar peradaban tidak bubar, ” jelasnya.

Ketua panitia Seminar Nasional, Dr. I Nyoman Sukiada, M.Hum., yang meruppakan Kaprodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Bali, dalam laporannya menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari rangkaian latihan penelitian.

Selain seminar, sebelumnya juga telah dilaksanakan sosialisasi di SMAN 3 Lumajang. Acara ini bertujuan untuk menggali nilai sejarah di masa lampau untuk menemukan keterkaitan sejarah terutama Lumajang, Madura, dan sekitarnya.

Pembicara dalam seminar ini antara lain Dr. I Nyoman Wijaya, M.Hum. (dosen sejarah Universitas Udayana Bali), Tadjul Arifien R. (penulis sejarah Sumenep, Madura), Mansur Hidayat, S.S. M.M. (penulis sejarah Lumajang), dan Zainollah Ahmad, S.Pd (penulis sejarah Jember).

Sejumlah mahasiswa dan akademisi Universitas Udayana, turut hadir pada acara tersebut, dan perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta masyarakat umum pemerhati sejarah dari Lumajang dan sekitarnya.

Reporter : Abd Halim,Sp

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date