Semifinal Piala Dunia, Muncul Juara Baru?

Rusia, koranmemo.com – Empat Negara dari Benua Eropa melaju hingga babak Semifinal yang akan hadir dua hari lagi. Siapa yang berhak melaju ke final dan siapa yang akan menjadi juara akan ditentukan dalam dua laga lagi. Akankah muncul juara baru nantinya.

Sepanjang Piala Dunia dimulai tahun 1930 atau sudah 20 tahu berlangsung, hanya ada 8 negara yang mampu meraih tropi itu. Brasil sudah 5 kali, Italia dan Jerman 4 kali, Argentina dan Uruguay 2 kali, Spanyol, Prancis dan Inggris sama-sama sekali meraih juara dunia. Kini tinggal dua negara terakhir itu yang tersisa di babak semifinal. Mereka akan menghadapi kandidat juara baru, Prancis melawan Belgia, dan Inggris melawan Kroasia.

Pertandingan semifinal pertama akan dibuka dengan pertarungan antar dua generasi emas terbaik sejagat, Prancis vs Belgia di Saint Petersburg Stadium, St Petersburg, Rusia, Rabu (11/7) pukul 21.00 WIB. Adu kejelian strategi dan taktik antara Didier Deschamps di Prancis, dan Roberto Martinez di Belgia akan menentukan sengitnya pertandingan ini.

Pertama Les Blues julukan timnas Prancis membawa seluruh skuat terbaik dan termahal mereka pada pentas empat tahunan ini. CIES Football Observatory pusat data yang melansir nilai pemain menempatkan Mbappe dan kolega diurutan teratas dengan nilai 1,410 miliar euro.

Selain Mbappe, ada Griezmann, Paul Pogba, N’golo Kante, Hugo Lloris, Raphael Varane, Olivier Giroud, Osmane Dembele, Samuel Umtiti, Blaise Matuidi, Thomas Lemar, dan 11 pemain lainnya semuanya bermain di klub papan atas eropa. Inilah kenapa skuad Les Blues saat ini dianggap generasi emas terbaik mengalahkan generasinya Zinedine Zidane yang mampu meraih juara dunia pada 1998. Dan, mampukah Didier Deschamps membawa anak didiknya ini meraih juara yang sama seperti tahun itu yang dia juga kapten tim waktu itu.

Usaha Prancis mengulang prestasi terbaik mendapat ganjalan lain dari negara yang sama memiliki skuad termahal dan dianggap sebagai generasi emas terbaik dunia. Sebut saja, Romelu Lukaku, Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Mertens, Nacer Cadli, Fellaini, Thibaut Courtois, Bathsuayi, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Vincent  Company, dan lainnya adalah pemain – pemain andalan di klub mereka masing – masing.

Lini serang yang menakutkan dari anak didik Roberto Martinez itu menempatkan The Red Devils memiliki jumlah gol terbanyak dari 4 negara yang masuk Semifinal dengan jumlah 14 gol. Mampu menaklukan juara dunia terbanyak, Brasil menjadi motivasi tersendiri dan alasan kenapa negara ini diunggulkan bisa menjadi juara dunia baru tahun ini.

Pertandingan lainnya yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Moscow, mempertemukan Timnas Inggris melawan Timnas Kroasia, Kamis (12/7) pukul 01.00 WIB. Pasukan muda The Three Lions julukan Timnas Inggris membawa misi mengembalikan sepakbola ke rumahnya, seperti nyayian yang terus didengungkan supporter mereka pada turnamen kali ini yang berjudul football is coming home.

Ekspektasi yang berlebih mungkin akan membebani anak muda dibawah arahan Gareth Shoutghate itu. Melihat setiap turnamen ketika publik mereka terus memberikan harapan yang besar mereka terus tersungkur. Setidaknya sejak 1990 Inggris tidak pernah sampai pada semifinal. Tapi, Harry Kane dan kolega seharusnya bisa melawan mitos itu seperti mereka menaklukan mitos tidak pernah menang dalam adu penalti.

Sementara, Timnas Kroasia yang dikomandoi Luka Modric melawan dengan semangat nothing to lose. Zlatko Dalic sang manejer membawa skuad terbaik sepanjang masa mereka dan menjadikan mereka sebagai tim yang paling enak ditonton sepanjang turnamen Piala Dunia kali ini. Penjaga gawang tangguh macam Danijel Subasic, dan striker yang mematikan macam Mario Mandzukic, dengan ditopang lini tengah yang kreatif seperti Ivan Rakitic, Luka Modric, Perisic, dan Brozovic. Kreatifitas mereka akan mengubur mimpi The Three Lions untuk memulangkan sepakbola ke rumahnya.

Dari Berbagai Sumber

Reporter: Zayyin Multazam

Editor:  Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date